90 Persen Mahasiswa UNU Purwokerto Nikmati Kuliah Gratis

Rektor UNU Purwokerto, Prof. Dr. Rochadi Abdulhadi

KBRN, Purwokerto : Lebih dari 90 persen mahasiswa yang berkuliah di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto telah menikmati perkuliahan secara gratis.

“Tidak ada biaya perkuliahan yang harus dibayarkan oleh mereka,” tegas Rektor UNU Purwokerto, Prof. Dr. Rochadi Abdulhadi, Jumat (5/3/2021).

Sebagai salah satu kampus inklusi, UNU Purwokerto memiliki kewajiban untuk dapat membantu mahasiswa yang kesusahan baik karena disabilitas maupun permasalahan ekonomi.

“Kemarin dilakukan evaluasi oleh LLDikti VI (enam), alhamdulillah administrasi semua dianggap bagus. Termasuk bahkan beasiswa dan sebagainya UNU Purwokerto termasuk yang tertinggi di Jawa Tengah dalam lingkup LLDikti VI,” lanjutnya.

Beragam program baik beasiswa akademik maupun yang bersifat bantuan sosial diterima oleh para mahasiswa. Bahkan ada juga mahasiswa yang secara sukarela membentuk asosiasi dan menggalang dana untuk membantu mahasiswa lain yang tidak mampu secara ekonomi.

“Universitas tidak menyuruh, mereka membentuk asosiasi bidikmisi untuk dikumpulkan setiap bulan. Ternyata itu sangat membantu bagi mereka yang tidak mampu,” terang Prof. Rochadi.

Selain memperhatikan mahasiswanya, UNU Purwokerto juga berupaya untuk mengembangkan potensi para dosennya. Saat ini UNU Purwokerto memiliki sebanyak 114 orang dosen. Dikatakan Rektor pihaknya akan terus mendorong peningkatan SDM dosen yang ada sehingga juga dapat mengangkat kualitas dari mahasiswa UNU Purwokerto.

“Saat ini baru 27 dosen yang memiliki jabatan fungsional. Akan terus kami tingkatkan. Tahun ini satu dosen sudah kuliah di Hungaria, kemudian Insya Allah tiga sudah lolos tinggal nunggu Presmen di Cina. Dua sedang proses untuk kuliah di Turki, mudah-mudahan bisa,” katanya.  (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00