Meriahkan Hari Jadi Banyumas ORARI Gelar Acara Spesial Call

KBRN, Purwokerto: Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke 450 Organisasi Amatir Radio (Orari) Lokal Banyumas, menggelar acara Special Call dengan Call Sign 8A450BMS.

Acara berlangsung di kantor Sekretariat ORARI Lokal Banyumas, Jln H.M. Bachroen 43 Purwokerto. Selain Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein yang juga merupakan Pembina ORARI Lokal Banyumas dengan call sign atau nama panggilan di udara YD2JRM, turut hadir Wakil Bupati Banyumas, Drs. Sadewo Tri Lastiono yang juga anggota ORARI Lokal Banyumas dengan call sign YG2SDW, Ketua ORARI Daerah Jawa Tengah Ir. YB. Praharto, M.Eng. call sign YB2BZ, Kepala Dinas Perhubungan Banyumas, Agus Nur Hadie juga anggota ORARI dengan call sign YD2PHB serta Yayah Setiyono, Kepala Dinas Kominfo Banyumas.

Ketua Orari Lokal Banyumas Dr. dr. Rifqy Setyanto, SpM (K) Call Sign YC2ILU mengatakan bahwa kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Banyumas, juga merupakan ajang pelaksanaan program kerja pengurus ORARI Lokal Banyumas tahun 2021.

Selain itu sebagai sarana pembinaan anggota dalam melatih diri meningkatkan ketrampilan secara progresif di bidang komunikasi radio, serta mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan sesama Amatir Radio baik nasional maupun internasional.

"Tujuan utama untuk mempopulerkan dan lebih memperkenalkan Kabupaten Banyumas baik di tingkat nasional maupun internasional," katanya 

Kegiatan Special Call ini telah dimulai pada tanggal 26 Februari 2021 untuk pita 2 meter, namun untuk pita 40 meter dimulai pada tanggal 27 hingga 28 Februari 2021.

Rifqy menambahkan acara Special Call ini merupakan komunikasi menggunakan perangkat radio komunikasi di jalur frekuensi amatir radio baik pada pita 2 meter, 80 meter, dan 40 meter menggunakan moda suara maupun moda data. Untuk moda data ditambah pada jalur 20,15 dan 10 meter band.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein menyambut baik adanya kegiatan ini dengan harapan agar Banyumas lebih dikenal masyarakat nasional maupun internasional sebagai daerah tujuan wisata, guna lebih mendorong lebih majunya perekonomian rakyat.

Bupati juga berkesempatan memberikan panggilan pertama ke stasiun-stasiun radio amatir baik nasional dan internasional (DX Station) di band high frequency (HF) 40 meter dengan frekuensi 7.125 MHz dengan mode SSB. (Spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00