Stasiun KA Purwokerto Layani Pemeriksaan Covid-19 Dengan GeNose C19 

KBRN  Purwokerto: PT KAI kembali akan menambah stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNase C19 untuk mendeteksi Covid-19.

Diawali di Stasiun Pasar Senen dan Yogyakarta, dilanjutkan di enam stasiun berikutnya yaitu Gambir, Solo Balapan, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Surabaya Pasar Turi.

Program layanan pemeriksaan GeNose tersebut berlanjut di Stasiun Purwokerto mulai minggu (28/2/2021.

Calon penumpang cukup membayar Rp 20.000,untuk mendapatkan layanan ini, dengan hasil akurasi yang tinggi dan cepat. 

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api,” terang PYMT Manager Humas Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono, Sabtu (27/2/2021.

"GeNose ini merupakan opsi atau pilihan yang dapat dipilih pelanggan untuk melakukan pengecekan kesehatan selain tes rapid antigen dan PCR untuk memenuhi syarat peerjalanan naik KA jarak jauh,” imbuh Hendra. 

Sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, pelanggan kereta api jarak jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau rapid test antigen atau RT-PCR. Sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan.

“Sedangkan bagi pelanggan yang melakukan perjalanan dengan KA pada libur panjang/libur keagamaan, diwajibkan melakukan tes RT-PCR/Rapid Antigen/GeNose C19, yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan,” ungkap Hendra. 

Syarat untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki bukti transaksi pembelian tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah dimiliki.

Selanjutnya selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan atau pengambilan sampel, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan. 

"Pada saat pelaksanaan, caton penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan,” bebernya. 

“Semoga dengan adanya tambahan layanan GeNose dengan tarif hanya Rp 20.000,dapat meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan jasa layanan transportasi KA.

Ditambah adanya program vaksinasi dari pemerintah dapat meryadikan masyarakat untuk “confidenf” kembali melakukan mobilisasi. Dengan demikian maka seluruh operasioanal perjalanan KA dapat normal. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00