Kejar Akreditasi Internasional, Fakultas Hukum Unsoed Mulai Bersiap

Prof. Dr. Ade Maman Suherman, SH.,MSc.

KBRN, Purwokerto : Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kampus Merdeka yang keempat isinya mengenai program re-akreditasi yang bersifat otomatis untuk seluruh peringkat dan bersifat sukarela bagi perguruan tinggi juga prodi yang sudah siap naik peringkat.

“Adapun akreditasi Internasional dilakukan lembaga dari negara lain atas permintaan PT/PS untuk melakukan kaji ulang dan evaluasi terhadap kriteria/standar mutu PS pengundang, “ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir. Alief Einstein, M.Hum.

Koordinator Kelas Internasional Fakultas Hukum Unsoed Dr. Aryuni Yuliantiningsih, SH.,MH. memaparkan Fakultas Hukum Unsoed menjadi salah satu fakultas yang akan diajukan untuk memperoleh akreditasi internasional.

Dalam rangka persiapan untuk mengajukan akreditasi internasional tersebut, Fakultas Hukum Unsoed mengadakan acara "Lesson Learned Akreditasi Internasional" pada hari Rabu, 24 Februari 2020 pukul 09.00.

Nara sumber dalam acara ini adalah Nurul Barizah,S.H.,LLM, PhD., (Ketua Badan Penjaminan Mutu dan Dosen Fakultas Hukum/FH) Universitas Airlangga/Unair Surabaya. FH Unair merupakan salah satu fakultas hukum di Indonesia yang telah memperoleh akreditasi internasional dari FIBAA.

Dr. Aryuni Yuliantiningsih sebagai moderator Lesson Learned menjelaskan acara ini bertujuan untuk mengetahui  langkah-langkah strategis dalam memperoleh akreditasi internasional.

Dekan Fakultas Hukum/FH Unsoed Prof. Dr. Ade Maman Suherman, SH.,MSc. mengungkapkan Fakultas Hukum Unsoed telah memperoleh  akreditasi A dari  BAN PT tiga kali berturut-turut. Kemudian mereka diberi mandat oleh universitas untuk memulai persiapan akreditasi internasional.

Menurut alumni S2 Univ. of Groningen Belanda Prof. Dr. Ade Maman, Unsoed sejak 2019 sedah  membuka kelas internasional dan melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri.

Kerjasama FH Unsoed yang meliputi tridarma perguruan tinggi, di antaranya pertama sudah dua kali menyelenggarakan intl.conference, hibah intl.credit transfer dari Dikti. Kedua, penelitian internasional serta bermitra dengan Universiti Kebangsaan Malaysia dan University Sains Islam Malaysia.

Alumni Program Doktor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ade Maman Suherman. Menambahkan, FH Unsoed sudah mengadakan Perjanjian Kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri seperti Fatih Sultan Mehmet Vakip University, Istambul, Turki. Kemudian MoU dengan OP.Jindal Global University dan Law School Shoolini University, India. Serta FH Unsoed juga bermitra dengan 2 perguruan tinggi dari Afrika Selatan yakni Univ.Limpopo dan Univ. Pretoria.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00