Rumah Makan Gratis Purwokerto Sediakan 300 Porsi Makanan Tiap Hari

KBRN, Purwokerto : Rumah Makan Gratis (RMG) Purwokerto kini menyediakan lebih dari 300 porsi makanan gratis setiap harinya. Jumlah tersebut meningkat tajam dari yang sebelumnya hanya sekitar 100 porsi per hari.

“Ini kami berjalan masuk minggu ketiga, awalnya kami hanya menyediakan 100 porsi, setelah tiga hari naik jadi 150. Hari kelima sudah 170 porsi dan minggu kedua sudah tembus 300 porsi setiap hari,” kata salah satu founder RMG, Edi Priyanto kepada RRI, Rabu (24/2/2021).

Dia menjelaskan RMG dirintis dengan tujuan untuk memberikan keringanan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Dalam pandemi ini banyak orang di sekitar yang membutuhkan. Akhirnya kami berupaya merintis di Purwokerto. Karena ini termasuk cabang keenam, yang pertama itu di Bogor,” katanya.

RMG Purwokerto buka dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan semua makanan yang tersedia habis.

“Kemarin sempat kami buka jam 11.00 siang jam 12.00 sudah habis. Itu rekornya,” ujar Edi Priyanto menggambarkan antusiasme masyarakat.

RMG Purwokerto mengusung tagline “Siapa Saja Boleh Makan dan Siapa Saja Boleh Berdonasi”. Dia menegaskan siapa saja yang berminat bisa makan secara gratis tanpa syarat apapun.

“Siapapun yang ingin terlibat kami sangat terbuka. Datang hanya sumbang pikiran kami terima, atau mau jadi relawan. Kami semua disini relawan. Mau sumbang bahan mentah kami terima, bahan matang kami terima, kami juga buka open donasi melalui transfer bank,” lanjutnya.

Sementara itu, pengelola RMG Purwokerto, Adhi Tri Satya beberapa waktu lalu menjelaskan pihaknya berupaya sebaik mungkin agar makanan yang dihidangkan tidak mengecewakan. Untuk itu RMG Purwokerto telah bekerjasama dengan orang-orang yang sebelumnya bekerja di rumah makan ternama di Purwokerto.

“Diharapkan dengan RMG ini bisa mendidik masyarakat untuk berbagi. Artinya disaat-saat seperti inipun ayo kita berbagi dengan sesama. Mudah-mudah bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat khususnya di Purwokerto,” ungkapnya.

Salah seorang pengunjung, Sri Asih mengaku terbantu dengan adanya Rumah Makan gratis tersebut.

“Bisa membantu yang susah, kan bisa makan disini mengurangi beban,” katanya.

Pengunjung lainnya, Heru Susanto juga mengungkapkan hal yang senada. Dia menyebut RMG sangat membantu dirinya untuk dapat makan gratis sehingga uang yang dimilikinya dapat digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak.

“Membantu sekali, alhamdulillah,” ujarnya.

Bagi yang ingin berdonasi, untuk kepentingan koordinasi dapat terlebih dulu menghubungi nomor 081268479098. RMG tidak membatasi jenis donasi yang akan disumbangkan baik  melalui transfer, bahan makanan ataupun makanan jadi. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00