Harga Daging Sapi di Banyumas Masih Normal

KBRN, Purwokerto : Berbeda dengan situasi terkini yang terjadi di Jakarta, harga daging sapi di Banyumas masih berada di angka normal.

Irfan, salah seorang pedagang daging sapi di Pasar Wage Purwokerto mengatakan sejak awal tahun tidak ada perubahan yang berarti pada harga dagangannya.

“Enggak ada (kenaikan), normal-normal saja. Tahun baru kemarin juga enggak naik,” katanya saat ditemui RRI di lapak dagangannya, Kamis (21/1/2021).

Irfan merinci, daging sapi super dia jual seharga Rp 115 ribu sedangkan daging sapi biasa dijualnya Rp 105 ribu.

Dia tidak menampik adanya penurunan jumlah pembeli, namun menurutnya hal tersebut lebih disebabkan karena dampak pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM di Banyumas.

Sementara itu, Kabid Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, Achmad Subekti mengungkapkan hingga hari ini tidak ada gejolak harga daging sapi di Banyumas.

“Di Banyumas tidak ada gejolak apa-apa, masih normal saja,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan stok daging sapi di Banyumas sebagian besar berasal dari dari peternak lokal.

“Pemotongan dari RPH (Rumah Potong Hewan), ada yang datang dari luar ini hanya daging beku. Yang dari luar kecil sekali (prosentasenya), kurang lebih hanya sepuluh persen. Yang banyak dari dalam daerah, dipotong langsung segar,” terangnya.

Berdasarkan data terbaru yang diperoleh RRI dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, per tanggal 20 Januari 2021, sapi hidup dihargai Rp 47 ribu per kilogram sedangkan daging sapi yang telah dipotong dijual senilai Rp 115 ribu. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00