Warga Eks. Karisidenan Banyumas, Cukup Tunjukan Surat Keterangan Tinggal dan Kerja

KBRN, Banyumas : Bupati Banyumas Achmad Husien menjelaskan terkait aturan, orang yang masuk atau keluar Banyumas harus bebas Covid- 19, berdasarkan rapid antigen. 

Terutama bagi warga Banyumas atau sekitar Banyumas, yang setiap hari keluar masuk Banyumas untuk bekerja.  Meraka cukup membawa  surat keterangan tinggal atau bekerja di wilayah Eks. Karisidenan Banyumas. 

Surat ini ditunjukan kepada Tim Satgas Covid- 19, yang berada di perbatasan Banyumas dengan wilayah tetangga. Selain itu, untuk pemeriksaan bebas Covid- 19 di perbatasaan akan dilakukan secara acak,  dan sewaktu- waktu.  Layaknya sidak,  selama berlangsungnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Perbatasaan tidak dijaga selama  24 jam.

“ Membuat surat keterangan, dan keterangan bekerja di wilayah Banyumas Raya. Surat keterangan harapa ditunjukan kepada petugas,”kata Husein.

Kepada RRI Kamis ( 21/1/2021) Husein menjelaskan wilayah Banyumas, tidak termasuk Kabupaten atau Kota di Jawa Tengah yang dilakukan perpanjangan PPKM, karena ada dua idikator yang sudah terelesaikan oleh Banyumas. 

Yakni tingkat kesembuhan pasien Covid- 19, yakni 84,84 persen, diatas nasional 81, 29 persen. Kasus aktif Banyumas 10,14 persen, nasional 15,82 persen. Namun Banyumas, masih ada dua kreteria PPKM yakni kasus kematian di Banyumas 5,04 persen, sedangkan nasional 2,86 persen. Keteresedian tempat tidur khusus pasien Covid- 19, yakni BOR isolasi 79 persen, dan BOR ICU 88 persen.

Semenatara itu, Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri L mengatakan kemungkinan sidak warga bebas Covid- 19 di wilayah perbtasan dimungkinkan dilaksanakan mulai Kamis atau Jumat (21-22/ 1/ 2021). 

“ Sebenarnya PSBB (PPKM) perintah dari pusat yah, Banyumas termasuk zona yang harus menjalankan. Hanya untuk menjaga warga Banyumas, tapi tadi sudah diskusikan dengan Pak Bupati. Karena ada banyak yang komplen,” Sadewo. 

Hingga berita ini dibuat kasus Covid- 19 di Banyumas mencapai 4.237 orang, sembuh 3.091 orang, masih dirawat 934 orang dan meningal dunia 212 orang. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00