Banjir Serayu Surut, Dapur Umum Masih Berikan Bantuan Bagi Korban

Dapur umum di Desa Kedunguter Banyumas

KBRN, Banyumas : Meski banjir luapan Sungai Serayu sudah surut, sejumlah dapur umum masih didirikaan untuk memberi bantuan bagi korban banjir yang terjadi Kamis ( 3/12/2020). 

Pantuan RRI Jumat ( 4/12/2020) di Desa Kedunguter Kecamatan Banyumas dan Desa Sokawera Kecamatan Somagede, terdapat tiga  dapur umum yang masih beroperasi. Salah satu dapur umum berada di RW 1 Desa Kedunguter. 

Ketua RW 1 Desa Kedunguter Raiswan mengatakan di RW terdapat sekitar 64 rumah yang terendam banjir, sebagian besar warga di rumah tersebut dapurnya terendam hingga 50 CM, sehingga perabotan rumah tangga mengalami kerusakan. Sehingga mereka perlu bantuan makanan, sambil menunggu perbaikan. 

Satu kali waktu makan, dapur umum berada di jalur lingkar Banyumas ini, mampu menyiapkan 250 bungkus nasi. Bahan makan berasal dari sejumlah donator, dan juga bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banyumas.

“ Kalau jiwanya itu 248 orang, jadi mereka belum bisa masak. Akibat dapur dan peralatannya ada yang terbawa banjir,”kata Raiswan. 

Sementara itu, di DesaSokawera  Kecamatan Somagede yang merupakan wilayah paling parah terdampak banjir. Terdapat 700 rumah yang terendam banjir, sama halnya di Kedunguter, kebayakan dapur rumah warga terendam banjir. Sehingga korban banjir ini, membutuhkan bantuan makanan. 

Seketaris Desa Sokawera Margono mengatakan Pemerintah Kabupaten dan warga Desa Sokawera telah mendirikan dapur umum, yang mampu memberikan makanan dalam satu kali masak mencapai 1200 bukus nasi. 

Dapur umum ini, akan dievaluasi hingga Jumat malam. Jika sudah tidak dibutuhkan lagi maka dapur umum ini akan segera ditutup.

“ Kalau logistik untuk makan sudah ada posko bencana banjir di Desa Sokawera, hal ini ditangani oleh BPBD dan Tagana. Juga dibantu warga Sokawera,”kata Margono. 

Seperti diberitakan oleh RRI sebelumnya,  akibat luapan Sungai Serayu pada Kamis pagi, terdapat ribuan rumah di sepanjang aliran sungai terbesar di Jawa tengah bagian barat ini terendam banjir. Terdapat 12 Desa di 5 Kecamatan yang terendam banjir. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00