Lima Rumah Rusak Akibat Longsor, Puluhan Rumah Lainya Terendam Banjir di Banyumas

KBRN, Banyumas    : Sedikitnya lima rumah rusak parah akibat tanah longsor yang melanda wilayah Banyumas, pantuan RRI rumah yang mengalami longsor yakni dua rumah di Desa Banjarsari Wetan Kecamatan Sumbang, satu rumah di Desa Tambak Sari, satu rumah di Desa Ledug Kecamatan Kembaran.

Kemudian bagunan rumah dan toko bangunan di Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur.Bencana tanah longsor ini terjadi akibat hujan deras yang melanda wilayah Banyumas Rabu Sore ( 2/12/2020) – Kamis (3/12/2020). 

Salah satu warga RT 2 RW 4 Desa Banjarsari Wetana  yang rumahnya mengalami longsor  Endah mengatakan tebing, yang berada di belakang rumahnya setinggi 10 meter longsor, pada Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB, kemudian menimbun rumah bagian belakang dan juga menimbun sepeda motor dan lainya. 

Beruntung penghuni rumah yang berjumlah empat orang, selamat dan harus mengungsi.

“ Emang dari kemarin sudah hujan terus, nah pas jam delapan malam tiba- tiba air, tanah, pada masuk ke rumah. Tebok rumah bagian belakang jebol, menurut bagian dapur dan dua kamar,”kata Endah.

Sementara itu di Desa Ledug, rumah  Miswan warga RT 5 RW 3 hayut terbawa derasnya Sungai Pelus, Rabu pukul 20.15 WIB. Sehingga dirinya anak dan anak mantunya sempat terbawa derasnya alirasn Sungai Pelus. 

Komandan Tagana Banyumas, Heriana Adi Chandra mengatakan beruntung ketiga orang ini, tersangkut di batang bambu. Selanjutnya warga dan Tagana menolong ketiga orang ini, satu orang yakni Nita anak Miswan harus dirawat di rumah sakit.

“ Jadi pada awlanya keluarga Miswan mau menyelamtakan barang- barang, namun tiba- tiba rumahnya roboh akibat derasnya banjir. Nita, terbawa banjir kemudian ditolong suami dan ayahnya, beruntung ketiganya nyangkut di batang bamboo,”kata Heriana 

Selain itu, sejumlah desa di sepanjang Sungai Serayu yang ada di Kabupaten Banyumas terendam banjir, akibat luapan Sungai Serayu. Sampai berita ini dibuat terdapat puluhan rumah warga yang terendam banjir, Tagana Banyumas, dan relawan kebencanaan melakukan upaya evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00