Pramuka Peduli Banyumas Tanam Ratusan Pohon

KBRN, Banyumas: Dalam rangka memperingati Hari Pohon Sedunia, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas menggelar aksi pelestarian lingkungan hidup dengan menanam ratusan pohon dan bersih Sungai Manggis, Minggu (29/11/2020) di Kawasan Hutan Wisata Pagubungan Desa Wisata Melung Kecamatan Kedungbanteng. 

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Kegiatan dipimpin oleh Andalan Cabang Urusan Peduli Kwartir Cabang Banyumas Ady Candra, S.IP. Meski ditengah guyuran hujan deras puluhan anggota Pramuka peduli tetap semangat melakukan kegiatan.

Dalam sambutannya Ady Candra berpesan, bahwa Silkus air terjadi dari air laut yang menguap menjadi awan lalu menjadi hujan yang turun disemua tempat diatas bumi, diserap oleh tanah dan simpan dipepohonan terutama dihutan, timbullah mata air yg siap menghidupi alam semesta. 

Dari kumpulan – kumpulan mata air dan mengalir dari hulu sampai hilir dinamakan sungai. 

Ketika hutan kita tidak lagi lestari, alam kita sudah rusak, air akan langsung mengalir begitu saja kearah yg lebih rendah. 

"Semakin deras hujan yg turun semakin banyak air yang mengalir kebawah bila tidak kita sikapi dengan bijak maka banjir, longsor dan kekeringan akan semakin mengancam kehidupan bila musim tiba," katanya.

Ady menambahkan bahwa hutan merupakan paru-paru dunia yang keberadaannya sangat menentukan kehidupan di sekitarnya. 

Oksigen akan tersedia semakin banyak di lingkungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya. 

Selain itu, hutan juga memiliki fungsi sebagai penyimpanan air untuk kehidupan manusia.

"Keberadaan kerapatan pohon di hutan sangat penting untuk memberi pasokan air bersih yang dimanfaatkan oleh masyarakat yang mengalami kekeringan. Berbekal pemikiran tersebut, dalam rangka Peringatan Hari Pohon Sedunia maka Pramuka Peduli Kwartir Cabang Banyumas menyelenggarakan kegiatan Pelestarian Lingkungan Hidup," tambahnya.

Penanaman Pohon dan Bersih Sungai Pramuli menggandeng relawan lain yaitu Perangkat Desa Melung, Babinsa Desa Melung, Saka Bina Sosial Kwarcab Banyumas, Pramuka Peduli Kwarran Kedungbanteng, Pramuka Peduli Kwarran Gumelar, Tagana Kecamatan Kedungbanteng dan Tagana Kecamatan Baturraden.

Pohon yang ditanam antara lain pohon Pucung sebanyak 200 batang dan pohon Aren 100 batang yang ditanam di sepanjang bantaran Sungai Manggis yang membelah Desa Melung dan berhulu di Sungai Banjaran. 

Selain itu juga ditanam pohon Durian dan pohon Alpukat di komplek wisata Pagubungan Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng.

Kegiatan diakhiri dengan tasyakuran pemotongan tumpeng oleh andalan cabang urusan Pramuka Peduli Ari Pringgo Aji, S.Si. 

Ari berpesan bahwa apa yang kita tanam hari ini yang akan menikmati adalah anak cucu kita kelak.

"Semoga cucuran keringat kita hari ini bernilai Ibadah bagi kita semua," katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00