UNU Purwokerto Ajarkan Mahasiswa Menjadi Translator Profesional

KBRN, Purwokerto : Dalam rangka memeringati Dies Natalies yang ke-4, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Purwokerto menggelar sejumlah kegiatan yang menarik.

Salah satunya yakni Webinar Series yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) UNU Purwokerto.

“Sesuai dengan tujuan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yakni mendorong, mengawal dan mendampingi mahasiswa agar bisa menjadi guru bahasa inggris yang profesional,” kata Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNU Purwokerto, Asfi Aniuranti, S.Pd., M.A., Minggu (30/11/2020).

Webinar series yang digelar hari Sabtu (29/11/2020) dengan topik “Trend in Translation Studies and Practices” sukses menggaet ratusan peserta.

“Ketika mempelajari bahasa inggris masih banyak profesi lain yang bisa didalami, salah satunya menjadi professional translator. Nah lewat webinar ini mudah-mudahan nanti lulusan PBI tidak hanya kompeten menjadi guru tapi bisa juga menggeluti profesi lain yang terkait misalnya menjadi translator,” lanjutnya.

Dalam webinar tersebut peserta dibekali dengan materi tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang translator baik secara teori maupun praktek.

Terkait harlah yang ke-4, Asfi berharap agar UNU Purwokerto dapat terus berkembang menjadi universitas yang lebih baik.

“Mudah-mudahan kami bisa lebih baik lagi, lebih maju dan profesional dalam mengemban tugas dan amanah untuk mengawal para mahasiswa. Semoga Visi UNU di tahun 2032 nanti sedikit demi sedikit dapat tercapai,” harapnya.

Para peserta yang mengikuti webinar nampak antusias dalam menyerap materi yang dipaparkan oleh narasumber.

Salah seorang peserta, Kustri Haryanti mengatakan kegiatan tersebut telah menambah wawasan dan pengetahuannya dibidang penerjemahan.

“Cara penyampaiannya asik dan tidak membosankan. Nambah pengalaman juga,” kata mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNU Purwokerto tersebut.

Peserta webinar lainnya, Solikhatul Khasanah juga mengungkapkan hal yang senada. Menurutnya dengan mempelajari bahasa inggris tidak hanya membuka peluang untuk menjadi guru bahasa inggris saja, tetapi ada juga profesi-profesi lain yang dapat digeluti.

“Puas sih dengan kegiatan ini. Semoga cepat diadakan kegiatan semacam ini lagi. Materinya juga bermanfaat,” ujarnya.

Webinar Series “Trend in Translation Studies and Practices” dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan hari Sabtu (21/11/2020) dengan moderator Asep Budiman, M.Pd., sedangkan sesi yang kedua digelar pada hari Sabtu (29/11/2020) dengan moderator Yasinta Wulandari, M.Pd.

Sejumlah narasumber yang berkompeten turut mengisi kegiatan tersebut, diantaranya Condro Nur Alim, Ph.D. (UMP), Mustasyfa Thabib Kariadi, M.Pd. (Unsoed), Ade Christanty Yudha Bestari, S.S., M.Si. (UNU), Prof. Dr. Rudi Hartono, S.S., M.Pd. (UNES) dan Dr. Naely Rosyidah S.S., M.Hum (UNU). (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00