Anggota Kodim 0701 Ikuti Penyuluhan P4GN dan Test Urine

KBRN, Banyumas: Puluhan TNI anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0701/Banyumas, Rabu (25/11/2020), mengikuti penyuluhan dan tes urine di Aula Koramil 23/Cilongok.

Kegiatan dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Triwulan IV Tahun 2020. 

Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra SE., M.I.Pol melalui Pjs. Pasi Intel Kodim 0701/Banyumas Lettu Cba. Triyono menjelaskan, tes urine untuk memastikan TNI bersih dari pengaruh narkoba.

Provinsi Jawa Tengah menempati rangking ke 4 daerah dengan jumlah penyalahgunaan narkoba terbanyak.

Data Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah menyebutkan, ada sekitar 195 ribu orang menggunakan narkoba atau 1,3 persen dari total jumlah penduduk di  Jateng.

Pjs. Pasi Intel Kodim Lettu CBA Triyono menyampaikan melihat angka tersebut, dalam pemberantasan narkoba wajib dilakukan bersama-sama, sinergi antara aparat keamanan, aparat pemerintah dan masyarakat sangat berpengaruh terhadap minimnya penyebaran Narkoba.

“Dalam program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, kita juga melaksanakan penyuluhan dan melakukan cek urine secara acak dan mendadak terhadap anggota TNI tanpa pemberitahuan sebelumnya,” ungkapnya.

Kegiatan tes urine bukan untuk mencari kesalahan namun justru untuk mencegah jangan sampai ada anggota TNI yang terlibat penyalahgunaan narkoba". ujarnya.

Dijelaskannya, tes urine melibatkan Koramil jajaran Kodim 0701/Banyumas sebanyak 30 orang.

Hasil tes urine tersebut semuanya negatif. 

Tak satu pun anggota TNI maupun PNS di Kodim Banyumas terlibat narkoba.

"Saya tegaskan jika ada anggota yang terlibat narkoba, pasti saya proses melalui jalur hukum yang berlaku sehingga dapat menimbulkan efek jera buat seluruh anggota militer dan PNS jajaran Kodim 0701/Banyumas” tegas Lettu CBA. Triyono.

Dalam kegiatan rutin P4GN, Triwulan IV Tahun 2020, Kodim  0701/Banyumas menggandeng Kapten Ckm Eko Yuliono (Pasiminkes Denkesyah 1/IV Purwokerto) beserta anggota DKT Purwokerto yang dibantu oleh Kapten Arm Ali Sobirin (Danramil 23/Cilongok), Staf Intel Kodim 0701/Banyumas dan Provost Kodim 0701/Banyumas. (AuL).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00