Ada Naskes Positif Covid- 19, Empat Puskesmas di Banyumas Ditutup Sementara

KBRN, Banyumas : Pemerintah Kabupaten Banyumas, menutup sementara pelayanaan di empat Puskesmas, akibat adanya tenaga medis (nakes) di Puskesmas tersebut terkonfirmasi positif Covid- 19 berdasarkan tes usap. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, penutupan Puskesmas mulai Jumat ( 14/8/2020) hingga hasil tes usap kedua negatif. Sehingga pelayanan bagi masyarakat, dialihkan kepada Puskesmas sekitar. Untuk Puskesmas yang ditutup sementara yakni Puskesmas Somagede, Puskesmas Jatilawang, Puskesmas Wangon 1 dan Puskesmas Cilongok 1. 

Diterangkan oleh Sadiyanto, untuk Puskesmas Somagede terdapat empat tenaga kesehatan yang positif Covid- 19, Puskesmas Jatilawang  sebnyak satu orang, Puskesmas Wangon 1, sebanyak satu orang  dan Puskesmas Cilongok 1 terdapat tiga orang yang positif. Semua nakes yang sudah terkonfirmasi ini berada di rumah sakit rujukan Covid-19, untuk menjalani perawatan kesehatan. 

Sadiyanto menuturkan penutupan dilakukan, untuk menjaga dan memastikan tidak terjadi penyebaran Covid- 19. Selain itu, sudah dilakukan tes usap kedua kepada seluruh nakes dan karyawan keempat Puskesmas. 

Jika hasil tes usap kedua hasilnya negatif, maka Puskesmas ini akan kembali dibuka untuk memberi pelayanan. Selama penutupan seluruh ruangan keempat Puskesmas dilakukan strelisasi. 

"  Ada empat Puskesmas yang dialihkan sementara pelayanannya, ke Puskesmas terdekat. Sudah dilakukan tes usap kedua kali, tapi sampai saat ini belum keluar. Kalau nanti malam sudah keluar, hasilya negatif yah besok kami Puskesmas itu akan kembali memberikan pelayanan,"kata Sudiyanto. 

Saat berita ini dibuat, data warga Banyumas yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 239 orang, terdiri dari 185 orang sembuh, 48 orang masih dalam perawatan dan 6 orang meninggal dunia. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00