Si - Edumas, Layanan Rutan Banyumas Dalam Genggaman

KBRN, Banyumas : Dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan mewujudkan Zona Integritas menuju wilayah Bebas dari Korupsi, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Banyumas merilis Sistem Elektronik Pelayanan Terpadu Rutan Banyumas ( Si - Edumas).

“Melalui Si – Edumas masyarakat dapat mengakses sejumlah pelayanan kami dengan cepat dan mudah,” ujar Kepala Rutan Banyumas, Winarso, A.Md.IP., SH., MH, Minggu (2/8/2020).

Sejumlah layanan yang bisa didapatkan lewat Si – Edumas yaitu Pelayanan Informasi, Kunjungan, Integrasi serta Pengaduan dan Pos Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas).

Si – Edumas telah resmi beroperasi dan dapat digunakan oleh masyarakat mulai hari Sabtu (1/8/2020).

“Masyarakat bisa memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien, karena tidak perlu datang ke rutan. Banyak layanan yang bisa dilakukan hanya lewat genggaman,” lanjutnya.

Berikut cara penggunaan Si – Edumas :

1. Pastikan pengguna telah menggunakan Aplikasi Whatsapp Terbaru

2. Pindai QR Code yang tersedia di akun media social Rutan Banyumas atau Banner QR Code yang tersedia Rutan Banyumas

3. Pengguna akan diarahkan ke WhatsApp Si-Edumas, Kemudian Ketik “Masuk” lalu kirim.

4. Setelah terkirim, akan dijawab oleh sistem secara otomatis dan muncul menu pilihan pelayanan.

5. Selanjutnya dapat menggunakan pelayanan tersedia dengan  mengikuti petunjuk pada menu.

6. Jika belum menggunakan Whatsapp terbaru, Pengguna dapat mengakses link http://bit.ly/si_edumas

Usai menggunakan Si – Edumas, masyarakat dapat mengisi E-survey pendek terkait pengalamanya saat menggunakan sistem tersebut.

Melalui kritik, saran dan masukan dari masyarakat, Si – Edumas akan terus dikembangkan agar bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat, khususnya keluarga dari Warga Binaan Rutan Banyumas.

Terkait kunjungan ke rutan, Winarso menyebut pihaknya telah menerapkan sistem video call sehingga antara warga binaan dan pengunjung tidak melakukan kontak langsung. Langkah tersebut diambil sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00