Lima Orang di Keuskupan Purwokerto Positif Covid- 19, Tiga Diantaranya Pastor

Istimewa

KBRN, Banyumas : Pelaksanaan peribadatan dan kegiatan di lingkungan Gereja Katedral dan Santo Yosep Purwokerto, sejak  30 Juli 2020- 1 Agustus 2020 kembali ditiadakan akibat adanya pastor dinyatakan positif Covid-19. 

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan dari hasil tes usap, yang dilakukan di lingkungan tempat ibadah. Hasilnya terdapat tiga pastor dan dua karyawan di lingkup Gereja Katolik Keuskupan Purwokerto Jawa Tengah, positif Covid-19.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Banyumas, meminta kepada kelima orang ini menjalani pemeriksaan dan perawatan di Rumah Sakit rujukan Covid- 19 di Banyumas. Selanjutnya, pihaknya juga akan melakukan penelusuran terhadap orang yang melakukan kontak langsung kepada lima orang tersebut.

" Jadi nanti akan dilakukan tes usap, mungkin mulai besok atau lusa kepada lingkungan geraja termasuk ke jemaahnya,"kata Sadewo kepada wartawan Sabtu (1/8/2020) petang di Banyumas. 

Sementara itu, Sekretaris Keuskupan Purwokerto Pastor FX Bagyo Purwosantoso kepada RRI mengatakan, tes usap ini sudah dilakukan beberapa hari lalu. Oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas, bagian dari tes usap masal yang sudah dilakukan sejak 1 Juli 2020. 

Diterangkan oleh Bagyo, lima orang dilingkungan Keuskupan Purwokerto yang dinyatakan positif yakni satu pastor bertugas di Gereja Katedral Purwokerto, satu pastor bertugas di Gereja Santo Yosep Purwokerto dan satu pastor bertugas di Keuskupan Purwokerto, dan dua orang karyawan Keuskupan Purwokerto. 

Adapun kompleks Gereja Katedral dan Santo Yosep Purwokerto, sudah dilaksanakan strelisasi  disemprot disinfektan oleh Dinas Kesehatan Banyumas. 

" Untuk gereja Katedral Minggu besok akan tetap melaksanakan ibadah, hal ini berdasarkan hasil evaluasi dan ijin yang diberikan oleh Tim Gugus Tugas Covid- 19 Kabupaten  dan Dinas Kesehatan Banyumas. Selain itu pelaksanaan ibadah besok, dengan prosedur ketat pencegahan Covid- 19, Jamaah diminta untuk bawa handsanitezer, walaupun di geraja sudah disiapkan, dan lainya. Untuk gereja Santo Yosep, kami belum mendapatkan informasi besok tetap mengelar peribadatan atau tidak. " kata FX Bagyo Purwosantoso. 

Data di website http://covid19.banyumaskab.go.id/ Sabtu malam, di Banyumas terdapat 175 orang yang dinyatakan positif Covid- 19. Terdiri 155 orang sembuh, 15 orang menjalani perawatan dan 5 orang meninggal dunia. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00