Rutan Banyumas dan PN Banyumas Bangun Si-Ebes

KBRN, Banyumas : Selama masa pandemi Covid-19 Tim Teknologi Informasi Rutan Banyumas dan Pengadilan Negeri( PN) Banyumas terus berupaya dalam mengembangkan inovasinya.

Salah satu invosi teknologi yang digunakan yakni Si-Ebes ( Sistem Elektronik Surat Izin Besuk). Dengan sistem tersebut pembesuk kini hanya memerlukan Gawai mereka ,untuk memindai QR-Code yang akan disosialisasikan baik di PN Banyumas dan Rutan Banyumas.

Kepala Rutan Banyumas Winarso menjelaskan sistem kerja Si-Ebas yakni setelah terhubung dengan operator PN. Pembesuk akan dimintai identitas diri dan identitas terdakwa yang akan dibesuk. Kemudian operator PN akan mengirimkan surat izin dalam bentuk QR - Code. 

QR- Code tersebut kemudian ditunjukan petugas Pelayanan Kunjungan di Rutan Banyumas, dengan identitas diri yang terdaftar.

Bagi pembesuk yang tidak memiliki gawai, masih dapat datang langsung ke PN Banyumas, tentunya hanya akan dicetak QR- Code untuk diakses di Rutan Banyumas.

Untuk mendasari penggunaan Pelayanan Si-Ebes tersebut, Kepala Rutan Banyumas, Winarso dan Abdullah Mahrus selaku Ketua PN Banyumas menadatangani Nota Kesepahaman Tentang Sistem Elektronik Izin Besuk ini.

Bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Negeri Banyumas pada Senim (29/06/2020).

Winarso mengatakan dengan konsep ini mendukung program zona integritas yang sedang dibangun Rutan Banyumas. 

" Kita akan terus kembangkan pengunaan IT, dalam melayani masyarakat. Sekaligus sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19." Kata Winarso.

Senada dengan Winarso, Ketua PN Banyumas Abdullah Mahrus juga mendukung Sinergitas antar Instansi baik vertikal maupun horisontal berjalan dengan baik.

Dalam perkemabanganya, Tim TI terus berupaya mengembangkan sistem elektronik ini dengan memperhatikan kebutuhan pengguna atau masyarakat. ( DW & RA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00