Shalat Jumat, Kembali Dilaksanakan di Banyumas

KBRN, Banyumas : Mulai hari Jumat ( 5/6/2020) sejumlah masjid di Banyumas, mengelar kembali shalat jumat. Sejak ada larangan dari Pemerintah pertengahan Maret 2020, akibat adanya pandemi Covid- 19 ( Corona).  

Salah satu masjid yang melaksanakan shalat jumat yakni Masjid Baitul Arqom Keluraham Sumampir Kecamatan Purwokerto Utara Banyumas. Sejak mendapatkan ijin dari Camat setempat, mereka langsung melakukan persiapan diantaranya pembersihan masjid dan juga pemasangan tanda shaf  yang akan digunakan oleh jama'ah. 

Ketua Takmir Masjid Baitul Arqom Wahyudin mengatakan pihaknya sudah mendapatkan ijin dari Camat Purwokerto Utara sehingga bisa mengelar shalat jumat. Selain itu shalat jumat ini, hanya diperuntukan bagi warga sekitar. 

" Jamaah kita masukan dalam satu jalur, mereka langsung wudu sekaligus cuci tanggan dengan sabun. Kemudian kita catat siapa saja yang datang, ada petugas yang hafal dengan warga. Jika ada orang yang tidak dikenal, tidak diperkenankan untuk masuk masjid,"kata Wahyudin.

Sementara itu Camat Ajibarang Eko Heru Surono mengatakan pihaknya memberikan ijin sedikitnya 15 Masjid di wilayah Ajibarang, atau minimal satu desa satu masjid untuk mengelar shalat jumat.  

Hal ini setelah pihak desa mengajukan ijin, setelah itu dilakukan verifikasi ketersedian prasana dan komitmen untuk melakukan protokol pencegahan Covid- 19.  

Salah satunya shalat Jumat ini hanya bagi warga sekitar masjid, untuk musafir atau warga pendatang untuk sementara tidak diperkenankan untuk melaksanakan shalat jumat. 

Selain itu, Eko juga mengaku melakukan pemantuan disejumlah masjid di Ajibarang bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan.

" Kami perintahkan kepada takmir yang akan melaksanakan shalat jumat, mutlak jama'ahnya hanya bagi warga sekitar atau mukimin."kata Eko. 

Untuk masjid yang berada di tengah- tengah kota, dan berada sekitar jalan utama nasional sebagian besar belum bisa menjalankan ibadah shalat jumat. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00