Tegakan Protokol Kesehatan, Satpol PP Banyumas Rutin Berpatroli

KBRN, Purwokerto : Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Banyumas secara rutin melakukan pengawasan dan pemantauan terkait penerapan protokol kesehatan dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Banyumas.

Dikatakan Sekretaris Satpol PP Banyumas, Saptono, Rabu (3/6/2020), pihaknya rutin melakukan patroli baik di pasar rakyat, toko, mall, maupun tempat keramaian lainya.

“Kami senantiasa menghimbau kepada penjual dan pembeli di pasar untuk cuci tangan dengan sabun setiap keluar-masuk pasar,” ujarnya.

Dalam bertransaksi, penjual dan pembeli juga diwajibkan untuk menggunakan masker dan menjaga  jarak.

Ia juga selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak berkerumun.

Terkait tatanan kehidupan baru, Saptono menjelaskan, pihaknya tengah berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat, sehingga kelak saat sudah diberlakukan masyarakat telah terbiasa dan tidak lagi merasa asing.

Secara rutin Satpol PP Banyumas terus melakukan patroli pada pagi dan sore hari di tempat-tempat yang ramai dikunjungi warga.

“Malamnya kami patroli gabungan dengan Polri dan TNI untuk penerapan jam malam. Jadi untuk angkringan, warung, rumah makan, dan kafe harus patuh,” tegas Saptono.

Dari patroli yang telah dilakukan sejauh ini, masih ditemukan sejumlah pelanggaran oleh masyarakat di kabupaten Banyumas.

“Razia masker bersama forkompimcam juga rutin kami lakukan. Meski kurva-nya belum stabil, secara umum tren pelanggaran terus menurun” ucapnya.

Demi kebaikan bersamma, Saptono menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengenakan masker saat keluar rumah.

Warga yang terjaring Operasi Penertiban Masker akan didakwa sebagai pelanggaran terhadap Perda Nomor 2 tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit. Ancaman hukuman bagi pelanggar yakni denda maksimal Rp 50 ribu atau kurungan penjara selama 3 bulan. (Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00