Pemuda Pancasila Banyumas Gelar Donor Darah Sebagai Aksi Nyata Bela Negara

KBRN, Purwokerto : Guna memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni setiap tahunya, Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas menggelar aksi donor darah sebagai bentuk bela negara dan kepedulian terhadap kemanusiaan.

Ditemui RRI pagi ini, Senin (1/6/2020), Ketua MPC Pemuda Pancasila Yudho F. Sudiro menyebut donor darah sebagai kebutuhan yang mendesak terutama di masa pandemi Covid-19.

“Kami mengajak Pemkab (Banyumas) dan masyarakat lainya untuk donor darah,” ujarnya.

Pria yang lebih akrab disapa Iteng ini melanjutkan, target dari kegiatan donor darah ini sebanyak 350 kantong darah.

“Diperkirakan hadir sekitar 500 orang, bahkan bisa sampai 1.000 orang karena ini kegiatan sampai sore,” kata Iteng.

Donor darah dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2020 dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan seperti pendonor diwajibkan cuci tangan dan masuk ke bilik desinfektan.

Pendonor dan PMI yang bertugas juga diwajibkan untuk menggunakan masker.

Selain itu, juga diterapkan physical distancingatau jaga jarak baik saat mendonorkan darah maupun disaat mengantri menunggu giliran.

Menurut Iteng, donor darah merupakan aksi nyata bela negara yang dilaksanakan oleh Pemuda Pancasila.

Selain itu, pada masa pandemi Covid-19, bela negara juga dapat dilakukan dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Di masa ini kita gak usah perang untuk bela negara. Gotongroyong mencegah dan mengatasi penyebaran virus corona juga termasuk bela negara,” ungkapnya.

Terkait peringatan Hari Lahir Pancasila, Iteng mengingatkan seluruh masyarakat untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih satu tiang penuh.

“Tetap jaga protokol kesehatan dan patuhi aturan pemerintah. Lakukan aksi nyata seperti donor darah, bagi sembako dan sebagainya. Gotongroyong merupakan cara paling ampuh guna memutus rantai dan menyelesaikan masalah pandemi,” tandas Iteng.

Saat kegiatan berlangsung, sempat dilaksanakan prosesi potong tumpeng dan pengarahan oleh Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. (Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00