Dinarpusda Banyumas Kembangkan Potensi Bengkoang Lokal

KBRN, Purwokerto : Petani Bengkoang di Dusun Bakung Desa Linggasari Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas yang tergabung dalam Komunitas Bengkoang Creative Hub (BCH) menerima bantuan berupa mesin produksi dan pengolahan bengkoang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Soedirman (Unsoed).

Bantuan tersebut diberikan setelah melalui advokasi yang difasilitasi Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Banyumas dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed pada hari Sabtu 16 Mei 2020 dan Kamis 21 Mei 2020.

Pustakawan Dinarpusda Banyumas, Fuad Zein Arifin mengatakan, BCH merupakan sebuah komunitas kreatif yang berupaya mengembangkan potensi dari bengkoang.

“Bantuan yang diterima BCH diantaranya mesin parut, mesin pencetak adonan krupuk, drying cabinet, mesin pengiris krupuk, dan continuous sealer,” terangnya.

Saat ini Bengkoang Creative Hub (BCH) telah mencoba membuat berbagai produk olahan bengkoang seperti kerupuk bengkoang, manisan bengkoang, gerbi bengkoang, dan moci bengkoang.

Hasil produksi telah dikemas secara sederhana agar menarik perhatian konsumen dan dibranding dengan merk BENGKO.

 “Untuk saat ini produk unggulanya yang pertama adalah krupuk, dan yang kedua tepung bengkoang,” ujar Fuad.

Difasilitasi Dinarpusda Sejak 2019

Desa Linggasari, Kembaran, Banyumas terkenal dengan potensi bengkoang yang bahkan menjadi ikon desa.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah berupaya hadir mensinergikan potensi ini dengan berbagai pihak seperti Pemerintahan Desa, Kecamatan, Akademisi, dan berbagai OPD terkait.

Fuad Zein menjelaskan, melalui program Literasi Untuk Kesejahteraan Banyumas (LIUKMAS), Dinarpusda mengawali pengembangan potensi bengkoang komunitas BCH dengan kegiatan bedah buku dan FGD tentang Bengkoang pada hari Rabu 13 November 2019.

“LIUKMAS merupakan inovasi Unggulan Dinarpusda Banyumas yang dimasukan dalam Roadmap Smart City sebagai bentuk transformasi perpustakaan berbasis Inklusi Sosial yang mengubah perpustakaan tidak hanya sebagai penyedia informasi melainkan sebagai pusat belajar dan berkegiatan, serta memobilisasi pengetahuan dengan tagline BACA-BAGIKAN-PRAKTEKKAN,” jelasnya.

Bertempat di sebuah rumah yang dijadikan Posko BCH, Dinarpusda mencoba mensinergikan kekuatan tersebut dengan menghadirkan dan mengadvokasikan dengan berbagai pihak baik dari Pemerintahan Desa Linggasari maupun Pemerintahan Kecamatan Kembaran, Dinakerkopukm, Dinsospermasdes, Dinperindag, Dinpertan KP, Dinporabudpar, Karangtaruna, Fak. Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed, TP PKK Desa, TP PKK Kecamatan, dan TP PKK Kabupaten.

“Kegiatan kami kemas dalam sebuah acara bedah buku bertajuk Kupas Bengkoang dan dilanjutkan dengan Forum Grup Diskusi,” kata Fuad.

Diluar dugaan, hasil dari kegiatan tersebut berbagai pihak yang hadir mendukung kegiatan  yang dilaksanakan BCH sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangannya masing masing.

Selanjutnya Dinarpusda Banyumas juga memfasilitasi dengan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan yang dikemas dalam kegiatan Workshop Pengemasan Product / Packaging dan  Teknik Pemasaran Online yang dilaksanakan pada hari Jumat 22 November 2019.

Workshop dibuka oleh Kepala Dinas Dinarpusda Banyumas  Ir. Djoko Wikanto, M.M dengan didampingi Kabid Perpustakaan dan para Kasi serta dilaksanakan di BI Corner Dinarpusda Banyumas dengan menghadirkan dua narasumber dari Plut KUMKM Provinsi Jawa Tengah yakni Kuswoyo, SE dan Niken Setia Larasati, SP.

Kini produk olahan BCH telah telah dikemas secara sederhana dengan mengusung merk bernama “BENGKO”. Teknik pengemasan telah memenuhi sejumlah syarat dalam pengemasan produk seperti teknik pengemasan, syarat pengemasan, branding sticker, teknik pemasangan sticker branding, dan proses packing dengan menggunakan mesin packing.

“Saat ini BCH sudah siap untuk skala produksi komersial. Tahap selanjutnya yakni mengurus perijinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), sertifikasi halal, dan pendaftaran merk,” ujar Fuad menutup wawancara. (Yn)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00