Islam Aboge Banyumas, Hari Ini Baru Rayakan Lebaran

KBRN, Banyumas : Sekitar 100 orang umat Islam Aboge di Desa Cikakak Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah Senin ( 25/5/2020) pagi melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Saka Tunggal Cikakak. 

Pelaksanaan Ibadah Shalat Id tahun ini, ditengah- tengah himbuan larangan oleh Pemerintah. Akibat adanya Pandemi Corona ( Covid-19), yang sudah terjadi tiga bulan terakhir. 

Meski melaksanakan shalat Id, panitia melaksanakan prosedur Pencegahan Covid-19. Diantaranya mengatur jarak shaf shalat kurang lebih 1 meter, kemudian ditiadakan salam- salaman selepas shalat dan pembagian kelompok makan takir ( selamatan), ke beberapa kelompok dan dilaksanakan di sejumlah tempat. 

Salah satu masyarakat yang mengikuti Shalat Id Kiswan mengatakan, lebaran kali ini terasa lebih kering. Akibat adanya Pandemi Corona, namun demikian umat Aboge di Cikakak tetap melaksanakan Shalat Id meski dengan pengetat aturan.

"  Ini karena adanya corona, jadi nga ada salam- salaman, terus makan takirnya tidak di masjid semua. Kita shalat juga jaga jarak, jadinya rasanya Shalat Id kali ini anta ( tidak ramai),'kata Kiswan.

Tokoh Aboge Cikakak Sulam mengatakan,Islam Aboge mempunyai kalender sendiri sehingga mempunyai perhitungan khusus. Seperti pelaksanaan ibadah puasa, lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, yang biasanya berbeda 1- 2 hari setelah pelaksanaan ibadah yang digunakan oleh Kalender Pemerintah. 

" Kita punya perhitungan sendiri, punya kalender sendiri untuk menentukan kapan Idul Fitri. Untuk tahun ini, karena 1 Muharam jatuh pada Senin Kliwon, sehingga untuk Idul Fitri jatuh Senin Manis atau pada hari ini,"kata Jelas Sulam. 

Akibat adanya larangan mudik, Aboge Cikakak tidak mudik sehingga hanya warga yang berada di Ciakak saja yang bisa mengikuti shalat Id. Selain itu, tidak adanya tradisi sungkeman selepas shalat Id kepada tetua dan tokoh Aboge Cikakak. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00