Bupati Banyumas Antarkan Anak Somagede Kesekolah Dengan Bus

KBRN, Purwokerto:  Bupati Banyumas menyempatkan mengantarkan anak-anak sekolah Kecamatan Somagede bagian selatan pergi ke sekolah dengan Bus Rabu (26/02.2020) pagi.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan Bus sekolah bantuan dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan itu bermanfaat dengan maksimal.

Bus sekolah gratis tersebut melayani trayek dari Kecamatan Somagede- Kecamatan Banyumas pergi pulang (PP).

 

Bupati Banyumas Achmad Husein mulai naik bus dari perempatan Tanggeran sekitar jam 06.00, naik bus yang sudah dipenuhi oleh anak-anak sekolah.

Bupati langsung mengajak anak-anak berbincang bincang dan menanyakan bagaimana rasanya setelah ada bus sekolah. Dia berpesan kepada sopir Hengky dan Aris untuk berhati-hati dalam memberi pelayanan kepada anak-anak.

“Anggap mereka anak sendiri, khususnya rem terus diperhatikan karena jalan naik turun,” katanya  

Anak-anak mengaku pengemudi baik dan hati-hati, bahkan kalau ada keterlambatan dalam waktu yang tidak lama, sopir mau menunggu sebentar.

Saiful Mardiansyah siswa kelas 9 SMP Negeri 1 Banyumas asal desa Kemawi mengaku senang adanya operasional Bus Sekolah. Dia tidak pernah terlambat setelah adanya bus itu.

“Dulu sebelum ada bus, saya diantar orang tua, kadang numpang teman kalau orang tua tidak bisa mengantar. Sekarang nyaman dan merasa aman kalo numpang teman kadang boncengan bertiga, kalo diantar orang tua kadang dijempuntnya terlambat,” katanya.

Selain itu menurut Saiful pengeluaran orang tuanya menjadi berkurang karena tidak perlu antar jemput maupun ngojek. 

Kepala Dinas Perhubungan Agus Nur Hadie mengatakan angkutan gratis tersebut untuk mempermudah pelajar yang berada di desa-desa pelosok di wilayah Kecamatan Somagede bagian selatan, karena jalur tersebut belum ada anggkutan umum. 

Dia menambahkan, bus bantuan berjumlah dua unit tersebut setiap harinya melayanani rata-rata 110 hingga 120 anak. 

“Meski kapasitas terdiri atas 26 kursi duduk dan 10 handgrip tetapi ada yang naik turun, misalnya anak Kemawi yang sekolaj di SMP Negeri 2 Kemranjen turun di Perempatan Tanggeran ada yang naik dari Tanggeran ke Banyumas. Atau setelah dari Somagede bawah kosong anak-anak Somagede yang sekolah di Banyumas ikut naik,” jelasnya 

Agus menambahkan Bus mulai stand by di Halte Kemawi (keberangkatan) pada pukul 05.45. Sedangkan untuk jalur balik (Kepulangan) untuk bus 1 dimulai dari SMP 1 Somagede – SMK Muhammadiyah Somagede – SMP 2 Somagede-Halte Klinting dan berakhir di Halte Kemawi. Untuk jalur kepulangan bus 2 akan dimulai dari SMP 3 Banyumas – PPPI Miftahusalam Banyumas – SMK 1 Banyumas – SMA Banyumas – SMK 2 Banyumas – SMP 1 Banyumas – SMK 3 Banyumas – SMP Purnama 2 Banyumas, dan SMP 2 Banyumas – SMP 2 Somagede – Halte Klinting dan selesai di Halte Kemawi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00