UMP Siapkan Sistem Aplikasi Akademik Online

KBRN, Purwokerto: Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Banyumas, Jawa Tengah Dr Jebul Suroso mengatakan saat ini, UMP telah memiliki sistem dan aplikasi akademik dan nonakademik berbasis online.

“Dengan hadirnya sistem ini menandakan, perguruan kita dinilai sebagai perguruan tinggi yang baik. Melalui sistem berdasarkan online itu sudah lebih dari 8 aplikasi. Mulai dari sitem administrasi akademik, kepegawaian, kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian. Serta sistem keuangan, skripsi dan lain sebagainya,” ujarnya di Purwokerto, Rabu (11/12/2019).

Menurutnya, pengelolaan perguruan tinggi yang dinilai cukup mumpuni, nantinya dari kementrian akan merubah sistem konvensional ke sistem online. Jika sudah meningkat ke menristekdikti maka semua data, dapat di proses dengan mudah, dari sisi sistem penelitian, profil hingga kemahasiswaannya.

"Pelaporan data di setiap program studi perlu kita lakukan dengan baik dan benar," katanya.

Dr Jebul menjelaskan, manfaat bagi program studi (Prodi) sendiri yakni mengetahui mahasiswa aktifnya sendiri, jumlah mahasiswa, kartu hasil studi dan kartu rencana studi secara online, sehingga ketika ingin akreditasi maka tidak sulit dalam pencarian data prodi itu sendiri.

“Harapannya prodi tau persis kondisi kemahasiswaan dan transaksi kemahasiswaan di Fakultas maupun di Prodi tersebut," katanya.(Fah/Tgr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00