PBB Bisa Dibayar Secara Online

KBRN, Purwokerto:  Petugas Pendataan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) se-Kabupaten Banyumas pada hari ini Senin (9/12/2019) mendapatkan pembekalan materi pemutakhiran data. Bertempat di  Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Banyumas selaku leading sector menggelar kegiatan tersebut.

Eko Prijanto, Kepala Bakeuda, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan petugas pendataan maupun petugas pemungut PBB-P2 dalam keakuratan data sehingga upaya untuk menggali dan meningkatkan potensi pendapatan daerah dari PBB-P2 dapat berhasil optimal.

“Peserta kegiatan ini sebanyak 360 orang yang terdiri dari unsur Bakeuda, Petugas Kecamatan dan Petugas Desa” lapornya.

Masih menurut Eko Prijanto, Kabupaten Banyumas akan menambah payment PBB-P2  yang tadinya di Bank Jateng dan BNI akan ditambah lewat kerjasama dengan Kantor Pos, Go Pay, Indomaret, Alfamart dan Tokopedia. Hal ini sebagai upaya untuk memudahkan wajib pajak dalam hal pembayaran yang nantinya bermuara pada pendapatan daerah sehingga diharapkan tercipta Banyumas yang sejahtera.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, dalam sambutannya menyampaikan bahwa otonomi daerah mengamanatkan daerah untuk meningkatkan perkembangan ekonomi daerahnya untuk tumbuhnya dunia usaha dan daya beli masyarakat sehingga pendapatan daerah juga meningkat. 

“Petugas pemutakhiran data perlu diupdate dan diupgrade kemampuannya sehingga ketika petugas sudah baik, diharapkan akurasi data juga baik dan menghasilkan kegunaan untuk kelengkapan data yang dimanfaatkan untuk kelanjutan data yang lain” katanya

Para petugas juga dihimbau untuk sering berkonsultasi sebelum ada masalah dan jangan setelah ada masalah baru konsultasi serta tidak melanggar aturan.

Para peserta akan mendapatkan materi dari tiga nara sumber  yaitu Eko Bambang Marsudi (Kejaksaan Negeri Banyumas),  Suharto (Kejaksaan Negeri Purwokerto) dan Etik Prasodjo ( Bakeuda).

Pada waktu yang sama juga dilounching Channel Pembayaran Pajak PBB-P2 Di Payment. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00