DKC Banyumas Kembali Gelar Seleksi Pasukan Tunas Muda

KBRN, Purwokerto: Setelah dua tahun vakum, tidak ada Pasukan Tunas Muda (PTM) pada Apel Besar Hari Pramuka, karena Pandemi, tahun ini Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas kembali membentuk Pasukan Tunas Muda.

Seleksi digelar Dinas Pemuda Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas bersama Dewan Kerja Cabang (DKC), Senin (15/7/2022) di Sanggar Bakti Pramuka Purwokerto.

Wakil Ketua DKC Banyumas Fajar Felik Pujianto mengatakan seleksi tahun ini diikuti sebanyak 80 Pramuka Penegak dari berbagai Pangkalan di Kwarcab Banyumas.

Mereka akan dipilih sebanyak 34 pramuka penegak menjadi Calon Pasukan Tunas Muda (Calon PTM) Kwarcab Banyumas yaitu 20 putra dan 14 putri dengan seleksi ketat.

Felik menambahkan karena baru kembali digelar, seleksi tahun ini ada penurunan peserta, biasanya mencapai 160 hingga 200 Pramuka penegak kali ini diikuti 80 Pramuka. Meski demikian tidak mengurangi kwalitas pasukan itu sendiri mengingat mereka yang hadir mengikuti seleksi sudah memenuhi berbagai kriteria yang ditentukan 

“PTM ini akan bertugas sebagai Petugas Pengibaran dan Penurunan Bendera pada Apel Besar Hari Pramuka tingkat Kabupaten Banyumas yang menurut rencana  akan dilaksanakan tanggal 8 September mendatang,” kata Felik.

Felik menambahkan nantinya PTM berjumlah 37 Pramuka. Selain 34 golongan pramuka penegak ada juga 1 pramuka siaga calon pengucap Dwi Darma, 1 pramuka penggalang pengucap Dasa Darma dan 1 pramuka pandega pengucap Pancasila, yang dilakukan seleksi terbatas.

“Untuk seleksi PTM kali ini dilakukan oleh Tim Pelatih dari Kodim 0701 Banyumas, dan Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan serta melibatkan Tim Dinporabudpar dan DKC” terang Felik

Materi utama adalah test kesehatan dan Peraturan Baris Berbaris. Selain itu juta test fisik dan jasmani lari mengelilingi GOR selama 12 menit, push up dan sit up, teknik kepramukaan dan pengetahuan umum serta interview.

“Selain itu peserta juga wajib memenuhi persyaratan khusus misalnya tinggi badan putra 162-175 cm sedangkan untuk yang putri 158-168 cm, serta berbadan sehat,” katanya

Untuk memenuhi ketentuan diatas semua peserta diwajibkan mengikuti seleksi adminitrasi dan kesehatan yang semuanya sudah disiapkan oleh penyelenggara di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka. Petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan, petugas timbang dan tinggi badan dan lainya yang berasal dari Dewan Kerja Cabang Kwarcab Banyumas serta Purna PTM.

Felik menambahkan tujuan dari seleksi ini adalah untuk mempersiapkan fisik dan mental calon anggota PTM, agar nantinya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Apabila anggota PTM tidak memiliki fisik dan mental yang prima tentu akan mempengaruhi pada tugas yang dibebankan.

“Dengan seleksi semacam ini calon peserta yang memiliki performa dan stamina bagus akan terlihat,” katanya. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar