Hari Pramuka, 53 Pangkalan Se-Kwarran Sumbang Gelar Perjusa Serentak

KBRN, lBanyumas: Dalam rangka menyongsong Hari Pramuka ke 61 sekaligus mendukung adanya Jambore Nasional XI, sebanyak 53 pangkalan di Kwartir  Ranting (Kwarran) Sumbang menggelar kegiatan Perkemahan Jumat-Sabtu ( Perjusa) serentak.

Mereka merupakan anggota Pramuka di pangkalan SD/MI, SMP/MTs, dan SMK.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Jumat Sabtu 12-13 Agustus 2022 di Pangkalan masing-masing. 

Ketua Kwarran Sumbang Tarkam mengatakan kegiatan Perjusa bertujuan untuk memperingati Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 sekaligus dalam rangka ikut serta mendukung kegiatan Jambore Nasional XI, mengingat tidak semua Pramuka bisa mengikuti Jambore Nasional.

"Pengurus Kwarran bersama Para Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) sepakat menggelar perkemahan serentak yang diikuti semua pangkalan di Kwarran Sumbang," jelas Tarkam.

Ia menambahkan bahwa jajaran Mabiran dan Pengurus Kwarran melakukan monitoring sekaligus dijadikan ajang silaturahmi.

Ketua Panitia Tingkat Kwarran Taufik Hidayat, S.Pd menerangkan bahwa sukses kegiatan Perjusa karena adanya dukungan dari pangkalan se-kecamatan Sumbang serta dukungan dari orang tua anak didik.

"Anak-anak terlihat antusias mengikuti kegiatan Perjusa ini, disebabkan setelah kegiatan Daring selama 2 tahun terakhir karena tidak ada perkemahan, kemah menjadi dirindukan," bebernya.

Mabigus SD Negeri 2 Kotayasa Fadlilah, S.Pd juga menyambut baik adanya Perjusa. Apalagi digelar serentak dalam rangka menyongsong Hari Pramuka.

"Kegiatan Perjusa ini sangat baik bagi anak-anak karena 2 tahun kegiatan Pramuka dilakukan Daring, Anak-anak pangkalan kami sangat antusias dan senang dalam mengikuti rangkaian kegiatan Perjusa ini," ujarnya.

Kegiatan Perjusa yang digelar  dengan komposisi cara aktif, ceria, dan menyenangkan, menurut Fadhilah juga menjadi pembelajaran untuk adik - adik menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar