Enam Kemenag Di Indonesia Terima Bantuan Mobil Haji keliling.

KBRN, Purwokerto : “ Untuk Kemenag Kabupaten Banyumas mobil ini kami beri nama Si Jembhling ( Sistem Informasi Jemput Bola Haji Keliling) , kami memprogramkan bahwa mobil ini tidak hanya untuk pendaftaran haji saja , tapi juga disinerjikan dengan program – program kegiatan yang lain,seperti sebagai mobil edukasi manasik haji dan lain lain” Jelas H. Aziz Muslim, S.Ag., M.Pd.I pada saat memberikan sambutan dalam acara peresmian bantuan pengadaan mobil pelayanan haji Kementerian Agama RI di Aula Al Ikhlas Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas , Senin (04/07/2022).

Acara serah terima dilakukan secara Hybrid , secara langsung yang diadakan di Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas dan secara online menggunakan zoom yang diikuti oleh Kantor Kemenag penerima hibah mobil dari BPKH Se Indonesia.

Kasi PHU Hendro Purwanto menerangkan bahwa ada enam kantor Kemenag di Indonesia yang menerima bantuan mobil layanan haji keliling dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“ Keenam kantor tersebut adalah Kanwil kemenag prov Aceh , Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan, Kanwil Kemenag Jabar , Kemenag Kabupaten Banyumas , Kanwil Kemenag prov Sulawesi Barat , Kanwil Kemenag prov Sulawesi Selatan .” terang Hendro.

Lebih lanjut Aziz menyampaikan bahwa penggunaan mobil keliling haji ini juga disinerjikan dengan program yang baru saja di launching yaitu Si Jarimas ( Sistim Informasi Jaring Aspirasi Masyarakat) yang diadakan sebulan dua kali setiap hari Jumat.

“ Kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi kemanfaatan dan optimalisasi mobil keliling , dan kami harapkan bisa dimanfaatkan ke sekolah sekolah dan madrasah – madrasah sebagai mobil edukasi. Kedepannya kami juga menginginkan mobil ini dapat diseting dengan menggunakan teknologi 3 dimensi terbaru yaitu kacamata Virtual reality (VR) Atau metaverse sehingga dapat dipakai untuk manasik haji lebih menarik,karena kita seperti sedang menjalankan ritual haji beneran.” Jelas Aziz.

Dalam sambutannya Iskandar Zulkarnain menyampaikan bahwa BPKH sudah memberikan bantuan mobil layanan haji keliling ini kepada 6 kantor Kemenag di Indonesia. Harapannya dengan adanya mobil ini pendaftaran haji bagi masyarakat akan semakin mudah.

“ Saat ini layanan pendaftaran haji ada tiga cara yaitu datang langsung ke kantor Kemenag , melalui mobil keliling dan melalui layanan elekktronik secara online. BPKH sangat menyambut baik dengan adanya tiga proses pendaftaran haji yang dikeluarkan Kemenag.”

“ Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di kabupaten Banyumas tercata ada empat yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Jateng , CIMB Niaga , Bank Permata . Kami berharap dari empat Bank ini pada saat keliling diikutsertakan , untuk waktu tinggal diatur saja jadwalnya. Kami mengucapkan terimakasih kepada LAZIS NU atas kerjasamanya dan Kemenag Banyumas sebagai pionir dalam pelayanan haji keliling sehingga bisa diterapkan di seluruh Indonesia.” Terangnya.

“ Sebelumnya kami menggunakan kendaraan operasional haji keliling keluaran tahu 1997 berupa kijang kapsul yang dimodifikasi secukupnya , namun dalam pelaksanaan lebih banyak kendala di jalan . Dengan adanya mobil layanan haji ini sudah bisa kami manfaatkan ke daerah daerah yang jauhnya lebih dari 200 km dari kantor kami bahkan sampai ke perbatasan dengan provinsi Bengkulu dan Provinsi Jambi karena pendaftar haji disana lumayan banyak terutama dari para pedagang. “ jelas Abrar Munanda, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesisir Selatan melalui zoom meeting.(yud)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar