Kemenag Banyumas, Layani Masyarakat Dengan Sentuhan Si JARIMAS

KBRN, Banyumas : Program inovasi ini kami kenalkan dengan nama Si JARIMAS ( Sistim Informasi Jaring Aspirasi masyarakat Banyumas )  kini tersedia untuk memperkenalkan program – program dari Kementerian Agama, mendekatkan layanan, sekaligus gendu gendu rasa dengan masyarakat sambil bersilaturahim, dan menyerap aspirasi masyarakat.

Saat  Lauching program Si Jarimas di Masjid Baiturrahmat Desa Binangun Kecamatan Banyumas, Jumat (1/7/2022) Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, S.Ag., M.Pd.I mengatakan, selain Si Jarimas Kemenag Banyumas juga memperkenalkan program Laku Rahmat (Layanan KUA Ramah Menjemput Umat ) dimana pada era sekarang kita menggunakan program jemput bola.

“Melalui Laku Rahmat ini Kantor Kemenag melalui para penyuluh akan hadir dan mendampingi masyarakat", katanya.

Jenis layanan Laku Rahmat  antara lain : konsultasi pernikahan , konsultasi zakat dan wakaf , pengukuran arah kiblat , konsultasi keluarga/BP4, konsultasi haji, pendampingan sertifikasi halal dan lain sebagainmya.

"Semuanya nol rupiah..alias gratis tis," katanya.

Harapannya program program Kementerian Agama sampai ke masyarakat dan masyarakat terlayani dengan baik, sehingga hubungan antara Kementerian agama dengan masyarakat semakin baik semakin dekat , sekaligus menyerap aspirasi dan masukan untuk penyempurnaan layanan di kemenag agar semakin baik.

​​​​“Kami akan melayani calon jamaah haji yang mengalami kesulitan dan jauh dari kantor Kemenag , baik untuk konsultasi dan pendaftaran haji salah satunya dengan mobil Si Jembling (sistem Informasi pendfataran haji keliling) dan alhamdulilah Kemenag Banyumas baru mendapatkan hibah berupa mobil Hiace dari BPKH untuk operasional SiJembling" tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Kakan Kemenag juga menyerahkan bantuan dari UPZ Kantor Kemenag Banyumas sebesar Rp. 1,5 juta dan Mushaf Alquran 10 buah kepada Takmir Masjid Baiturrahmat , menyerahkan IJOP kepada MA Al Chusnan Banyumas dan MA Biroyatul huda , Ijop Ponpes Attholabah Karangrau RT. 03/05 Banyumas dan Ponpes Al Fatah Jayanihim Karangrau RT.04/03 Banyumas, Serta meresmikan Posko Laku Rahmat di Balai desa Binangun.

Kades Binangun Sadam, menyampaikan terimakasih  kepada kantor Kemenag Banyumas atas kepercayaan yang telah diberikan sebagai lokasi peresmian Si Jarimas.

"Ini sebuah penghormatan kepada kami , semoga dengan adanya program ini kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat di Desa Binangun untuk dapat memanfaatkan dan menggunakan kesempatan ini untuk dapat menyampaikan uneg – unegnya, kritik dan saran serta pendampingan dalam pengurusan hal hal yang berkaitan dengan haji-ijin operasional ataupun informasi lainnya .” jelasnya saat memberikan sambutan,(yud/spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar