Diikuti Ratusan Sekolah, PPDB SMP di Banyumas Berlangsung Lancar

KBRN, Purwokerto : Sebanyak 161 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Banyumas telah usai menggelar Penerimaan Peserta  Didik Baru. Dari jumlah tersebut sebanyak 126 SMP Negeri melaksanakan secara online, sedangkan sisanya dari SMP Swasta melaksanakan secara offline.

JFT Pengembangan Tekhnologi Pembelajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Purnomo Hesti Widianto mengungkapkan pihaknya memang mewajibkan sekolah negeri untuk melaksanakan PPPDB secara online.

Untuk sekolah swasta diberikan kebebasan untuk memilih penyelenggaraan PPDB, dengan cataan tetap harus menerapkan protocol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Yang melaksanakan PPDB online itu 126 sekolah, sisanya karena swasta itu melaksanakan secara offline. Kami memang mewajibkan SMP Negeri harus melaksanakan PPDB online,” katanya.

Dia menyebut saat ini proses yang sedang berlangsung yakni pendaftaran ulang yang berakhir pada 30 Juni 2022.

Secara umum tidak ada kendala berarti pada pelaksanaan PPDB. Namun demikian dia tidak dapat memastikan berapa jumlah siswa SMP yang diterima karena setiap sekolah memiliki jumlah rombel yang berbeda-beda.

Lebih lanjut Purnomo mengatakan tahapan selanjutnya yakni akan dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Jika tidak ada perubahan MPLS akan dilaksanakan selama tiga hari dan dimulai pada tanggal 11 Juli yang akan datang. MPLS sendiri rencananya akan dilaksanakan secara tatap muka.

“Kami persiapkan semua sekolah itu melaksanakan MPLS selama tiga hari secara tatap muka. Dan rencana di tingkat kabupaten akan dilaksanakan upacara pembukaan MPLS yang akan dibuka langsung oleh Bupati Banyumas,” imbuhnya. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar