Pembudidaya Ikan di Desa Panembangan, Terima Dua Mesin Pembuat Pelet

KBRN, Banyumas : Desa Panembangan Kecamatan Cilongok,  Kabupaten Banyumas mendapatkan bantuan dua unit mesin pembuat pakan ikan dari Kementerian Keluatan dan Perikanan ( KKP) RI.  

Penyuluh Perikanaan  KKP RI wilayah Banyumas Khotoh Suraihanah mengatakan dua mesin ini,  mampu membuat pakan  ikan sebanyak 300 Kg setiap hari. Sehingga dapat mengurangi kebutuhan pellet ikan pabrikan, untuk pembudidaya ikan air tawar yang ada di Desa Panembangan. 

Selain mesin rencananya Pembudidaya ikan Desa Panembangan juga akan mendapatkan bantuan berupa bahan pakan ikan, termasuk pelatihan pengunaan cara pembuatan pakan ikan melalui dua mesin tersebut. 

Khotoh Suraihanah juga menjelaskaan KKP RI sebelumnya telah memberikan bantuan benih ikan nila sebanyak 200 ribu, yang diserahkan beberapa waktu lalu kepada pembudidaya ikan di Desa Panembangan. 

“ Baru saja menerima mesin pellet, untuk kelompok yang mengusulkan yakni kelompok Mina Mandiri,” kata Khotoh. 

Kepala Desa Panembangan Untung Sayoto kepada RRI Selasa ( 28/6/2022) mengatakan sangat berterimakasih kepada KKP yang telah memberikan bantuan mesin pembuat pakan ikan yang telah diterima oleh pihaknya sejak Jumat (24/6/2022) kemudian penyerahan berita acara pada Senin ( 27/6/2022). 

Menurutnya ada sekitar 300 orang warga Desa Panembangan yang berprofesi sebagai pembudidaya ikan.

“ Kami sebenarnya ingin sejahtera melalui ikan, melalui Kampung Ikan. Tentunya mempunyai keinginan masyarakat sejahtera melalui budiya ikan,” ungkap Untung. 

Desa Panembangan terdapat 136 hektar lahan sawah, dengan jumlah penduduk 1.800 kepala keluarga dengan 60 persen petani. Aliran irigasi untuk kebutuhan pertanian dan air bersih di Desa Panembangan berasal dari Irigasi Cipendok, yang mengalir sepanjang tahun. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar