Empat Rumah di Pekuncen, Terancam Longsor

KBRN, Banyumas    : Sebanyak empat rumah di Desa Krajan Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas terancam akibat tanggul rumah mereka longsor yang terjadi Minggu ( 26/6/2022) petang. 

Kaur II Desa Krajan Agus Ginarso mengatakan ada empat rumah yang taludnya longsor, yakni  rumah Waryo RT 3 RW 2, Samsudin RT 4 RW 6, Eti RT 1 RW7 dan Nawen RT 2 RW 7. Keempat rumah yang taludnya longsor ini, berada diatas jalan dengan ketingian rata- rata 10 meter.

 Sehingga ketika hujan turun, rawan terjadi longsor. Agus kepada RRI Senin ( 27/6/2022) menjelaskan empat rumah saat ini masih bisa dihuni, dan penghuni juga tidak mengungsi. 

Namun demikian pihaknya meminta kepada para penghuni untuk berhati- hati jika terjadi hujan deras, mereka diminta untuk mengungsi.Senin pagi puluhan ornag di bantu oleh BPBD, Tagana, PMI, TNI, Kepolisian dan relawan kebencanaan memperbaiki tanggul yang mengalami longsor.

“ Kondisinya sebenarnya sangat parah, rumah deket sungai dan jalan sehingga taludnya longsor. Saat ini rumahnya masih dihuni,” kata Agus. 

Selain di Krajan longsor juga terjadi di Kecamatan Gumelar, terdapat dua desa yang terkena longsor terjadi di Desa Paningkaban, Cihonje yang mengakibatkan sejumlah ruas jalan menuju ke pemukiman warga tertutup tanah longsor. 

Longsor yang terjadi di wilayah Kecamatan Pekuncen dan Gumelar, diawali dengan hujan deras di wilayah tersebut selama 4 jam. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar