Rumah Makan Pawonku, Bernostalgia Banyumas Tempo Dulu

KBRN, Banyumas : Ada ragam  kuliner yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Banyumas, mulai dari kuliner modern gaya barat, masakan Indonesia. Ataupun makanan tradisional Banyumas, selain menjual makanan yang enak dengan citrarasa masing- masing juga bisa menikmati suasana alam Banyumas saat menikmati atau berburu kuliner.

Bagi yang suka dengan makanan rumahan, dengan cara masak yang tradisional ada  Rumah Makan Pawonku yang berada di Desa Banjarsari Kulon Kecamatan Sumbang. Atau sekitar 5 KM dari Unsoed Purwokerto, kearah utara.

Pengelola Pawonku Marwiyah mengatakan rumah makan ini, berkonsep tradisional Banyumas, pengunjung diajak seperti makan di rumah sendiri. Selain itu makanan disajikan diatas tungku atau pawon, termasuk dua jenis nasi, ada nasi putih atau nasih merah. 

Pengunjung yang akan menikmati makanan, datang ke dapur ( pedangan) untuk mengambil sejumlah menu. Mulai dari mangut lele, ayam goreng, semur jengkol, opor ayam, sayur gandul ( pepaya muda), urab, sambal, mendoan dan lainya. 

“ Kalau harga cukup murah, tergantung lawuh (menu) makanan yang diambil. Pengunjung juga silakan mengambil sendiri, banyak sedikitnya makanan. Rumah makan ini baru buka sekitar empat bulan lalu, disini awalnya ada café,” kata Marwiyah Minggu (22/5/2022).

Di dapur rumah makan ini, tersaji pula minuman dalam gogok ( tempat minum tradisional), selain itu terdapat gantungan padi dan jagung kering. Layaknya dapur masyarakat Banyumas pada zaman dahulu. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar