Basarnas Cilacap Gelar FKP3, Sebagai Ajang Evaluasi dan Sinkronisasi Penanganan Bencana

KBRN, Purwokerto: Basarnas Cilacap menggelar Forum koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) yang bertujuan untuk memberikan penyamaan persepsi dan langkah dalam penanganan pencarian dan pertolongan pada saat terjadinya musibah dan bencana, Rabu (18/5/2022), di Purwokerto.

Ajang evaluasi dan sinkronisasi penanganan kebencanaan, tersebut dihadiri oleh Forkompimda Banyumas dan 6 perwakilan BPBD Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Brebes, Kebumen dan Purworejo  dalam wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Cilacap. Hadir juga perwakilan OPD Instansi terkait dari masing masing kabupaten serta perwakilan relawan kebencanaan.

Direktur Bina Potensi Basarnas Drs Moch Hernanto MM menjelaskan  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan sudah memasuki tahun ke 50 sejak didirikan. Tantangan yang dihadapi selama pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan pada saat musibah kebencanaan akan dapat teratasi jika semua institusi terkait bersatu padu dalam memberikan pelayanan SAR pada masyarakat.

Sementara kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Cilacap I Nyoman Sidakarya yang berharap dalam acara tersebut dapat tersusun program rencana kegiatan dan setidaknya dalam satu tahun dapat diselenggarakan dua kali dan sangatlah diharapkan masukkan saran agar kedepan lebih baik.

Salah satu peserta Forum koordinasi Eddy Wahono pembina Forum Relawan lintas Organisasi Banyumas FORTASI mengatakan, seluruh peran Potensi SAR para relawan  harus kolaborasi dalam penanganan musibah kebencanaan.

“Begitu juga, sangat diharapkan peran dunia jurnalistik dalam pemberitaan kebencanaan.guna menangkal berita hoak. Peran komunikasi sudah sangat terdukung dengan hadirnya Radio Antar Penduduk Indonesia yang selalu konsisten dan BPBD kabupaten Banyumas yang dapat menjadi penghubung informasi pada daerah daerah yang tidak menerima signal internet” katanya. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar