Deputi Gubernur BI Mengukuhkan Pemimpin Baru KPwBI Purwokerto

KBRN, Purwokerto: Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman, mengukuhkan pemimpin baru Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto (KPwBI Purwokerto), pada hari Rabu (18/05/2022).

Prosesi pengukuhan ini merupakan tindaklanjut dari pelaksanaan agenda pelantikan dan serah terima jabatan pada tanggal 18 Januari 2022 lalu oleh Gubernur Bank Indonesia kepada 39 pimpinan satuan kerja di Bank Indonesia, baik yang berasal dari Kantor Pusat maupun Kantor Perwakilan di Dalam dan Luar Negeri.

Termasuk di antaranya adalah Bapak Rony Hartawan sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, yang sebelumnya dijabat oleh Bapak Samsun Hadi.

Upacara pengukuhan bertujuan untuk memperkenalkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto yang baru kepada stakeholders maupun mitra strategis yang selama ini telah menjalin kerjasama dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas Bank Indonesia di wilayah kerja KPwBI Purwokerto.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman menyampaikan bahwa untuk memastikan momentum pemulihan ekonomi yang terus berlangsung dan stabilitas yang terjaga, maka Bank Indonesia bersama dengan Pemerintah melanjutkan bauran kebijakan yang disinergikan dengan erat.

Sebagaimana dalam presidensi G20, Bank Indonesia menyampaikan salah satu program kerja, yaitu bagaimana merumuskan respon kebijakan dengan mengedepankan kebijakan yang dikalibrasi, direncanakan, dan dikomunikasikan dengan baik (well calibrated, well planned, dan well communicated).

Pada tahun 2022, Bank Indonesia mempersiapkan strategi bauran kebijakan dengan mengoptimalkan 5 instrumen: i) yang pertama adalah instrumen kebijakan moneter yang akan lebih diarahkan untuk menjaga stabilitas (pro-stability), ii) sementara empat kebijakan lainnya diarahkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi (pro-growth), yaitu kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pendalaman pasar uang, serta ekonomi-keuangan inklusif dan hijau.

Pelaksanaan strategi nasional tersebut sangat bertumpu pada implementasi di daerah, sehingga sinergi antara KPwBI dengan Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholders terkait perlu terus diperkuat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia juga menyampaikan apresiasi atas berbagai inisiatif yang telah dilakukan Pemerintah Daerah bersama KPwBI Purwokerto dan seluruh stakeholders, dan berharap sinergi kebijakan dapat terus dilakukan ke depan untuk memajukan ekonomi Eks Karesidenan Banyumas.

Sebagai bagian dari rangkaian pengukuhan, dilakukan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman kepada KSM Berkah Maju Bersama, dan disaksikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas, Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si. PSBI tersebut berupa paket mesin pengolahan sampah pirolisis, sebagai bentuk dukungan Bank Indonesia dalam mewujudkan green environment di Kabupaten Banyumas.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan peluncuran Podcast Ngopi Ngapak (Ngobrol Pintar Ngasih Dampak) sekaligus dialog UMKM bersama Deputi Gubernur Bank Indonesia, Aida S. Budiman.

Podcast Ngopi Ngapak ini merupakan sebuah program komunikasi kebijakan pengembangan UMKM sekaligus mengangkat potensi-potensi di Eks Karesidenan Banyumas yang dipandu langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rony Hartawan, bersama Andi F. Noya.

Program dengan tagline “Inspirasi dari Banyumas Raya untuk Indonesia” ini tercipta berkat kerjasama yang baik dengan lembaga sosial Benih Baik dan menjadi suatu terobosan kreatif yang mengangkat para champion daerah di bidang UMKM, yang diharapkan dapat memberikan inspirasi serta dampak positif bagi para pelaku usaha dan dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan UMKM di daerah. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar