Relawan Di Kabupaten Banyumas Dibekali Mitigasi Bencana

KBRN, Banyumas: Relawan Bencana sekabupaten Banyumas selama dua hari Sabtu - Minggu (24-15/5/2022) menerima pebekalan dan latian penanganan bencana, di Alas jati Sambong Banjarnegara.

Latihan Gabungan sebagai evaluasi dan peningkatan peran relawan sesuai bidang keahliannya pada saat menangani kebencanaan.

Model pelatihan digelar dalam bentuk diskusi pemecahan masalah masing masing bidang. 

Diskusi dipimpin langsung oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik  BPBD kabupaten Banyumas Andi Is. 

Untuk penanganan kebencanaan di bagi dalam 8 klaster yang tidak dapat dipisahkan serta saling mendukung.

Klaster Shelter bertugas menampung para pengungsi, klaster Pos komando lapangan sebagai pengendali dan pencatat serta pengelolaan data informasi lapangan, klaster evakuasi dan keselamatan bertanggung jawab pada penyelamatan korban terdampak.

Klaster logistik mempersiapkan pelayanan seluruh kebutuhan kegiatan, klaster kesehatan menjadi penopang penanganan medic, klaster phisycososial mendampingi dan suport kejiwaan para pengungsi yang terdampak.

Sementara shelter komunikasi berperan untuk dapat menjamin kelancaran komunikasi melalui radio pemancar pada setiap shelter dan lapangan.

Shelter dapur umum mempersiapkan dan menjamin ketersediaan kebutuhan makanan.

Pelatihan an selama dua hari diikuti oleh 60 personil relawan dari perwakilan 25 organisasi relawan yang ada di kabupaten Banyumas. Serta dihadiri oleh Kalakhar BPBD Jateng dan Kalakhar BPBD kabupaten Banjarnegara.

Titik Pujiastuti Plt Kalakhar BPBD Kabupaten Banyumas mengatakan tujuan latihan gabungan ini yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antara BPBD kabupaten Banyumas dengan relawan yang berada di Kabupaten banyumas.

 Latihan bersama juga untuk Meningkatkan skil kemampuan saay menghadapi bencana, karena daerah Banyumas punya daerah rawan dan langganan Bencana alam.

Bergas selaku Kalakhar BPBD provinsi Jateng mengatakan latihan sebagai pembekalan dan kaderisasi relawan.

"Meminimalisir terjadinya korban, untuk itu Relawan harus selalu mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan Skill ketrampilan yang di miliki relawan", ujarnya.

Pembina Forum Relawan Lintas Organisasi FORTASI Banyumas Eddy Wahono sangat mengapresiasi pelatihan yang diselenggarakan oleh BPBD kabupaten Banyumas.

"Diharapkan kedepan BPBD dapat lebih melengkapi semua kebutuhan peralatan klaster dan secara berkelanjutan meningkatkan ketrampilan relawan melalui pelatihan pelatihan", kata Eddy.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar