PTM di SMA Al - Irsad Purwokerto Dihentikan Sementara, Pasca Temuan Siswa Positif Covid-19

KBRN, Banyumas : SMA Al- Irsyad Purwokerto mulai Jumat (28/1/2022) menghentikan sementara pembelajaraan tatap muka (PTM), sampai waktu yang belum ditentukan menunggu hasil PCR puluhan guru dan siswa yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan rapid antigen. 

Kepala Sekolah SMA Al- Irsyad Purwokerto Faizal Munif mengatakan untuk sementara PTM dihentikan selama dua hari yakni Juma- Sabtu (28-29/1/2022), jika hasil tes PCR sebanyak 21 siswa dan 3 guru positif maka akan diperpanjang sesaui dengan arahan Satgas Covid-19.

 Sebab setelah siswa dan guru yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan tes antigen dilanjutkan dengan tes PCR. 

Faizal menceritakan pada awalnya ada sejumlah siswa yang mengalami sakit, kemudian mereka tidak masuk sekolah namun masih ada siswa yang belum sembuh masuk ke sekolah dan tidak terdeteksi dari suhu tubuh. 

Selanjutnya dilakukan tes antigen pada Kamis (27/1/2022) oleh Puskesmas Purwokerto Timur 1. 

“ Kalau yang reaktif ada yang tidak bergejala, malah dicek reaktif. Ada juga yang kemarinya sakit, nah karena sudah mendingan kemudian berangkat,” kata Faizal Munif.

Puluhan Siswa Salah Satu SMA Swasta di Purwokerto, Positif Covid-19

Sementara itu, pada Jumat Pagi Satgas Covid-19 mengunjungi SMA Al- Irsyad Purwokerto, untuk melakukan pemeriksaan dan berkordinasi dengan pihak sekolah. 

Seketaris Satgas Covid-19 Banyumas Suwondo Geni mengatakan jika hasil PCR positif, maka akan dilkukan penelusuraan kontak terhadap siswa maupun guru. 

Selain itu, pihaknya belum bisa menentukan pembelajaraan untuk SMA Al- Irsyad Purwokerto, waktu pembukaaan PTM tergantung hasil PCR.

“ Karena sudah ada yang terpapar disini, kami mohon kepada pihak sekolah untuk melakukan kegiatan Prokes lebih awal lagi. Terkait masuknya kapan nanti tim dan sekolah, bersama Kecamatan, Puskesmas terus melakukan kordinasi,” kata Suwondo. 

Satgas Covid-19 juga meminta agar orang tua, yang  melakukan rapid antigen mandiri bagi anaknya yang merupakan siswa SMA Al- Irsyad Purwokerto. Jika hasil positif, untuk segera melaporkan kepada Satgas Covid-19 terdekat atau Puskesmas. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar