JPZIS NU Care-LAZISNU, Selenggarakan Madrasah Amil Zakat 

KBRN,Purwokerto: Untuk mewujudkan profesionalisme pengelolaan zakat infaq dan shadaqah, Jaringan Penghimpun Zakat Ifak Sodakoh Nahdlatul Ulama  (JPZIS NU) Care-LAZIS (Lembaga Amil Zakat Infak dan Sodakoh)  NU BERES Purwokerto Barat Banyumas menyelenggarakan Madrasah Amil Zakat.

Rais Syuriyah Pengurus Cabang (PC) NU, juga sebagai Dewan Pengawas Syariah PC LAZISNU Kabupaten Banyumas Drs. KH. Mughni Labib  M.SI, secara resmi membuka Madrasah Amil Zakat.

Acara diawali  dengan tahlil Qosor, kemudian, doa kesuksesan keberkahan keselamtan dunia akhirat untuk Pengurus Harian dan Petugas Lapangan tenaga pengumpul dan penyalur zakat, infak dan sadaqah serta masyarakatumum, khususnya warga Nadhliyin dan Simpatisan NU.

Ustadz Daryanto Selaku Wakil penyelenggara melaporkan ‘Madrasah Amil Zakat’, dalam rangka menyambut HARLAH NU ke 96 tahun 2022 dengan meningkatkan pola kerja dan sinergitas tim Relawan NU Care-LAZISNU untuk melayani jamiyah dan umat disemua tingkatan.

Kegiatan diikuti oleh 51 peserta wakil dari delegasi, relawan, simpatisan NU Care-LAZISNU Kecamatan se - Kabupaten Banyumas, dan 6 tamu undangan kehormatan.

Kegiatan ini sepenuhnya dibiaya oleh beberapa 3 donatur utama, dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, di Room Tulip Lantai 7 Hotel Dominic Purwokerto, Minggu (23/1/2022).

Narasumber diantaranya KH Ansori selaku Dewan Pengawas Syariah PC NU Care-LAZISNU Banyumas menjabarkan Fiqih dan Manajemen Zakat.

Prof Dr. KH. Ridwan M.Ag sebagai Ketua PC NU Care-LAZISNU Banyumas menyampaikan Regulasi Zakat, H Ma’ruf Cahyono selaku Ketua Yayasan Justisia Soedirman menjabarkan Nasionalime Relawan NU Care-LAZISNU, dan Imron Rosadi dari Manajemen NU Care-LAZISNU Banyumas Menjabarkan digital fundraising atau media sosial, urgensi amil dan sistem administrasi pelaporan dan tatakelola organisasi LAZISNU.

Dalam kesempatan itu, Camat Purwokertto Barat mengatakan, seluruh Relawan NU Care-LAZISNU tentunya akan termotivasi oleh semua aktifitas JPZIS NU Care-LAZISNU BERES yang sangat aktif.

Hal itu dibuktikan dengan acara ‘Madrasah Amil Zakat’ guna meningkatkan profesional kapasitas para personel Relawan NU Care-LAZISNU dalam bekerja pengelolaan dan Pemanfaat Zakat Infaq Shadaqah.

Ketua Yayasan Justisia Soedirman Dr. Ma'ruf Cahyono, S.H., M.H mengungkapkan, setiap Relawan NU Care-LAZISNU juga sebagai Warga Negara Republik Indonesia harus idialis dalam Visi dan Misinya dan menjalankan 4 Pilar Proggram LAZISNU, yang mantap dan nasionalis.

"Ini penting, agar sinergitas terus bisa terwujud, kemandirian NU dan umat serta warga Masyarakat bisa terwujud dengan cepat tepat dan akurat gotong royong,"katanya.

Ketua PC NU Care-LAZISNU Banyumas Prof. Dr. KH. Ridwan M.Ag mengapresiasi, bangga dan memberikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada JPZIS BERES sebagai penyelenggara ‘Madrasah Amil Zakat.

"Sedangkan PC LAZISNU saja baru bisa menjalankan satu kali tgl 5 - 6 Oktober 2019 di Balai Diklat Baturaden dengan berbayar setiap peserta, ini wasilah pembuktian adanya persamaan frekuensi antara penyelenggara dan semua yg hadir untuk sama-sama meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keilmuan tentang LAZ." ujarnya.

Imam Baihaqi selaku Sekretaris PC LAZISNU Kabupaten Banyumas, berpesan, kepada semua yang hadir setelah mengikuti pelatihan ini semua PH dan PL yang belum aktif bisa lebih progresif menggerakkan di masing-masing wilayahnya menuju kemandirian, berdaulat secara ekonomi dan juga kuat dalam ideologi.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar