Sepanjang 2021 Baznas Banyumas Himpun Rp 12 Milyar

KBRN, Purwokerto : Pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) yang dilaksanakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banyumas sepanjang tahun 2021  berhasil menghimpun sebanyak Rp12.626.872.120, -. Ketua Baznas Banyumas Drs. H. Umar AR mengatakan pihaknya akan lebih mengoptimalisasi penghimpunan ZIS di tahun 2022 khususnya bagi para ASN. Sebagai catatan saat ini baru  sebanyak 8.100 jumlah muzakki ASN atau baru 61% dari potensi muzakki ASN yang berjumlah 13.158 orang.

“Untuk data muzzaki kami konsentrasi pada ASN, dari 13 ribu baru 8 ribu ASN. Ini yang kami gali terus maka sosialisasi tanpa henti kami laksanakan,” katanya saat pelaksaan acara HUT Baznas ke-21 di Kantor Baznas Banyumas, Senin (17/1/2022).

Menurutnya potensi zakat ASN di Banyumas masih dapat dikembangkan lagi hingga sebesar 55 persen. Pihaknya juga terus berkonsentrasi pada input dan pengeluaran zakat agar jelas penggunaannya. Jumlah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Banyumas sendiri mencapai 515 UPZ namun UPZ yang aktif hanya sebanyak 45 % atau 232 UPZ.

Untuk tahun 2022 sendiri Baznas Banyumas memiliki sejumlah program unggulan yakni program Satu desa satu sarjana, Ambulan Gratis dan Rusing, Bedah Rumah, Biaya Hidup Jompo dan membangun 1 (satu) desa binaan kemiskinan  0% pada daerah dengan tingkat kemiskinan ekstrem.

“Kami berharap untuk mencapai target dari potensi yang ada. Apabila target itu tercapai maka kesempatan untuk menolong orang miskin itu lebih luas. Dari aspek pertolongan langsung kebutuhan sampai kepada pengembangan misalkan untuk modal usaha lebih besar, kemudian program pendampingan keterampilan itu lebih leluasa. Dengan angka yang ada sekarangpun itu sudah mulai berkembang,” imbuhnya.

Bupati Banyumas Achmad Husein yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengucapkan selamat kepada Baznaz yang telah mencapi usia yang ke-21. Dia berpesan agar dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Baznas dapat lebih transparan, khususnya dalam pelaksanaan kegiatan.

Untuk mendapat kepercayaan dia meminta agar Baznas selalu mempublikasi setiap kegiatan yang dilaksanakan kepada publik.

“Bagaimana menjadi dapat dipercaya? Itu kinerjanya jelas, transparan, akuntabel dan kelihatan hasilnya,” katanya.

Untuk tahun 2022 ini Baznas Banyumas menargetkan untuk menghimpun sebesar Rp 15 milyar dari pengumpulan ZIS. Dana tersebut nantinya akan digunakan kepada masyarakat yang berhak dan memang membutuhkan. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar