Tumpukan Sampah Di Gorong Gorong Menjadi Penyebab Banjir

KBRN, Banyumas: Pertigaan Jalan desa Karanglo grumbul Losari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas berada di jalan Nasional Purwokerto Ajibarang. 

Setiap tahun pada musim penghujan menjadi langganan banjir.Sejak bulan september 2021 daerah tersebut sudah mengalami banjir sebanyak 3 kali yang sempat melumpuhkan arus lalu lintas jalan nasional Purwokerto - Ajibarang - Tegal.

Menyikapi kondisi tersebut DPU Kab Banyumas, BPBD, Forkopincam Kecamatan Cilongok bersama Forum relawan Lintas Organisasi dibawah Koordinasi Ketua Rapi Lokal 08 Cilongok, PMI, Tagana, MDMC, Bagana serta FPRB Cilongok. 

Melakukan pembersihan saluran air yang berasal dari Daerah Irigasi Andongbang dalam kewenangan BPSDA Serayu Citanduy.

Saat pembersihan dilaksanakan mengalami kesulitan untuk membersihkan Saluran, Bowo Kades Karanglo mengambil inisiatif membongkar sebagian plat beton yang dibangun oleh masyarakat .

Eddy Wahono pembina Forum Relawan Lintas Organisasi yang hadir dari pagi menemukan penyebab banjir yang selalu terjadi didesa Karanglo grumbul karanglo Kecamatan Cilongok antara lain adanya pemasangan plat beton oleh masyarakat yang menutup permanen diatas saluran air mempersulit pembersihan bila ada sampah dibawahnya.

Penyempitan Saluran air, Terdapat pipa air milik masyarakat dan PDAM yang mengganggu kelancaran air, Ditemukan bangunan berupa Cafe diatas saluran air, Juga adanya kabel listrik trafic light dan kabel optic yang berada dalam saluran.

Lanjut Eddy Wahono lokasi tersebut berada di ketinggian 200 Meter dari permukaan laut dengan kemiringan saluran air rata2 15 derajat sebenarnya menjadi suatu pertimbangan untuk tidak terjadi banjir.

Diharapkan segera terbentuk team pengawasan Sungai, Irigasi, drainase khususnya di wilayah perkotaan guna meminimalisir terjadinya banjir.

Forum Relawan Lintas Organisasi (Fortasi) yang terdiri dari Serayu Rescue, MDMC, MTA, Rapi 08 lokal Cilongok,Bale Bakti Bawono, BPR Amindo, Relawan khusus penanganan ODGJ, relawan Reptil, 99 Production Banteng Mas didukung oleh Pers dan Mitra kerja banyumas Selalu siap membantu dinas dan masyarakat untuk penanganan kebencanaan.

Dihubungi melalui telpon Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Dr Irawadi Ces, Akan segera menindak lanjuti temuan di lapangan yang sedang dihimpun oleh staff DPU serta laporan masyarakat yang akan dijadikan bahan rapat lintas Dinas yang berwenang, antara lain Balai PSDA Serayu Citanduy, Satker Bpjn ruas Purwokerto - Ajibarang, Dinas Perhubungan, Telkomsel.

Langkah utama hari ini adalah melakukan pembersihan dan menginventarisir temuan dilapangan agar kedepan tidak akan terjadi banjir lagi.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar