Cegah Covid-19, Penumpang Trans Banyumas Harus Prokes

KBRN, Banyumas: Pemerintah Kabupaten Banyumas, meminta warga patuh terhadap aturan pengunaan Trans Banyumas yang mulai beroperasi secara resmi Minggu (5/12/2021) siang. 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Agus Nurhadie mengatakan karena saat ini masih dalam kondisi pandemi, sehingga pengunaan transportasi umum dibatasi jumlah penumpangnya yakni maksimal 70 persen dari kapasitas normal. 

Selain itu, penguna wajib memakai masker, menjaga jarak dan juga menempati tempat yang diperbolehkan untuk duduk atau berdiri sesaui dengan tanda yang telah dibuat di dalam bus maupun di hatle maupun terminal. 

Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, juga meminta agar penumpang sudah melakukan cuci tangan saat akan naik Trans Banyumas. 

“ Sudah ada tandanya dari koroseri sudah ada tandanya silang untuk yang duduk, kemudian ada lingkaran tempat wajib berdiri. Jadi hanya terisi 70 persen,” kata Agus 

Sementara itu, pengelola Trans Banyumas PT. Banyumas Raya Transportasi  Ipung Marsikun mengatakan pihaknya mematuhi aturan dan prokes pencegahaan Covid-19 dalam mengoprasionalkan Trans Banyumas. 

Selain aturan dari sisi penumpang, dari operator bus dan juga pegawai harus memakai masker. Selain itu setiap kendaraan dilengkapi hand sanitizer untuk penumpang bus. Trans Banyumas juga melarang penumpang untuk makan selama bus melaju. 

Sedangkan kapasitas penumpang saat pandemi ini, menurut Ipung hanya 30 orang dari kapasitas normal bisa mencapai 40 orang.

“ Di dalam kendaraan sudah ada titik untuk duduk, misalnya jaga jarak. Birdiripun susuai dengan yang sudah ada markanya dibawahnya, di lantai bus sudah ada boleh berdiri, berdiri disini,” uangkap Ipung. 

Trans Banyumas saat ini memiliki 52 kendaraan, dengan pengoprasionalkan kendaraan sebanyak 46 unit. Trans Banyumas melayani tiga koridor.

 Untuk koridor I melayani mulai dari Pasar Pon- Ajibarang, koridor II : Terminal Notog- Terminal Baturaden dan koridor III melayani Terminal Bulupitu- Terminal Kebondalem. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar