Es Dawet Ireng Yang Satu Ini Layak Dicoba

KBRN, Banyumas ; Banyumas dikenal dengan aneka kuliner kue kue, masakan juga aneka minuman khas yang kerap dirindukan wisatawan maupun warga Banyumas saat sudah kembali ke kota asal.Salah satu kuliner minuman yang banyak dijumpai yakni es cendol dawet.Namun es cendol dawet yang ini berbeda yakni Dawet ireng atau dawet hitam.Dijumpai RRI di salah satu gerai dawetnya di Kawasan Batik Anto Jamil , Kauman Sokaraja Tengah, Banyumas Minggu ( 5/12/2021), , Udin ( 50 ) menyebut kini dirinya punya beberapa  gerai dawet ireng .

" di Sokaraja ada 3 cabang, kemudian beberapa tempat di Purwokerto dan tempat wisata itu sistemnya mereka seperti franches semua bahan baku dari saya.Mereka tinggal menjualnya " tutur Udin.

Udin menuturkan resep dawet irengnya diperoleh dari Bapaknya saat masih tinggal di Kebumen.

" cendol ireng ini sebetulnya khas Kebumen.Bahan dasar cendol sama dari tepung beras atau juga tapioka.Nah warna hitamnya bahan alami dari Lamda atau perasan daun padi yang kering dan dibakar.Sangat aman dan pembuatannya juga higinis " ungkapnya.

Untuk saat ini harga satu mangkok atau satu gelas es cendol dawet ireng dibandrol Rp.5000.

" sejak beberapa tahun ini saya juga coba menyajikan es dawet ireng dengan mangkok atau gelas dari bahan tempurung kelapa yang telah dibuat cantik ,." pungkasnya. ( IND) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar