Kurangi Emisi Gas Buang Kendaraan, Kemenhub Luncurkan Trans Banyumas

KBRN, Banyumas : Direktorat  Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Minggu (5/12/2021), meluncurkan Bus Buy The Service  (BTS) atau lebih dikenal sebagai Trans Banyumas. 

Sebanyak 52 armada bus, mulai melayani masyarakat Banyumas untuk perpergian di dalam kota Purwokerto, maupun luar Purwokerto atau sebanyak tiga koridor. Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi bersama Bupati Banyumas secara simbolos meluncrukan pengginaan  Trans  Banyumas. 

Menurut Budi Pemerintahan Jokowi, sangat serius mengurangi gas buang kendaraan untuk menekan laju perubahan iklim. Sehingga Pemerintah menyediakan layanan angkutan umum yang nyaman dan murah, sehingga masyarakat akan beralih dari sepeda motor, atau kendaraan pribadi ke moda transportasi umum. 

Untuk itu pihaknya mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk mensosialisasikan pengunaan moda transportasi umum, khususnya Trans Banyumas. Jika perlu dilakukan pemaksaan, seperti peningkatan tariff parkir kendaraan pribadi. 

“ Karena kalau meningalkan kendaraan pribadi ke angkutan umum, maka akan banyak manfaatnya. Tidah hanya hari ini, namun juga untuk masa depan , terutama kita mampu mengurangi polusi udara,” kata Budi Setiyadi. 

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husien mengatakan Banyumas memang sudah selayaknya adanya Trans Banyumas, hal tersebut sesuai dengan survai yang dilakukan oleh berbagai pihak. Selain itu meminta masyarakat agar segera, beralih ke moda transportasi umum khususnya BTS yang hampir bisa melayani semua rute khususnya di kota Purwokerto.

 Bahkan Trans Banyumas, juga dilengkapi tempat untuk sepeda sehingga masyarakat bisa mempergunakan sepeda menuju ke Halte bus, selanjutnya naik Trans Banyumas bersama dengan sepedanya.

“ Karena sudah ada fasilitas bus ini, kita minta masyarakat memakai. Jangan busnya kosong, mondar- mandir,” ungkap Husein. 

Seluruh biaya operasional layanana Trans Banyumas ini, ditangung oleh Kementerian Perhubungan. Selain itu untuk masa ujicoba akan digratsikan bagi penguna. Trans Banyumas ini melayani tiga koridor. 

Untuk koridor I melayani mulai dari Pasar Pon- Ajibarang, koridor II : Terminal Notog- Terminal Baturaden dan koridor III melayani Terminal Bulupitu- Terminal Kebondalem. (RA). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar