Taj Yasin Segera Berikan Solusi, Mahalnya Biaya Pengobatan Bagi ODHA

KBRN, Banyumas: Pada peringatan Hari AIDS sedunia, Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Taj Yasin Maimoen berikan kejutan kepada segenap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Banyumas, Rabu (1/12/2021). Taj Yasin terlihat langsung menghampiri dan asik membaur dengan ODHA di acara peringatan Hari AIDS yang digelar oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Banyumas, di Galery Water Karangmangu (GWK).

Peringatan hari Aids Sedunia, Tingkat Kabupaten Banyumas digelar dengan silaturahmi antara Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA), petugas kesehatan dan rekawan. Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pengobatan.

Kedatangan orang nomor dua di Jateng tersebut disambut gembira. Wagub menemui berbagai kelompok, kemudian menanyakan perihal pelayananan dan biaya berobat. Salah satu ODHA mengaku jika rekan-rekan ODHA cukup kesulitan lantaran biaya pendaftaran yang relatif mahal untuk mendapatkan obat Antiretroviral (ARV).

Ia mengatakan, saat hendak mendaftar ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Margono Soekarjo Banyumas, para ODHA harus membayar biaya pendaftaran senilai Rp 105 ribu. Untuk itu ia mendorong agar para ODHA dapat mendaftar dan mengambil obat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Mendengar hal tersebut, Taj Yasin meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait segera menindaklanjuti keluhan para ODHA.

Lebih jauh, Taj Yasin yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Jateng meminta ODHA yang belum memiliki NIK agar segera melapor supaya segera terealisasi.

Usai berdiskusi, pihaknya turut memberikan piagam penghargaan dan bantuan sembako kepada para ODHA yang hadir. Ia berharap Jateng dapat menyelesaikan persoalan AIDS di tahun 2030. Oleh karena itu, ia memintaku sinergi menanggulangi AIDS dapat dilakukan semua pihak. (spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar