Sambut Hari Disabilitas, Siswa SLB Yakut Gelar Budaya

KBRN, Banyumas : Sejumlah siswa di SLB Yakut C gelar pementasan budaya pada Kamis (2/12/2021).

Berbagai pertunjukan mulai dari catwalking, taekwondo, dan pembacaan puisi dilakukan oleh sejumlah siswa di sekolah tersebut.

Kepala sekolah SLB Yakut C Rubimanto kepada RRI mengungkapkan, kegiatan tersebut sebagai ceremonial menyambut hari disabilitas yang jatuh pada besok Jum'at 3 Desember 2021.

Selain itu, ada makna tersendiri dibalik rangkaian kegiatan tersebut, menurutnya bahwa pagelaran yang digelar oleh siswa di sekolah tersebut untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa dengan notabene mereka yang disabilitas, mereka tetap mampu melakukan kegiatan-kegiatan seperti masyarakat umum lainya.

Selain itu, menurutnya ini juga sebagai ruang berekspresi bagi mereka, agar menjadikan mereka lebih kreatif.

"Kita menyediakan ruang, bagi para siswa supaya mereka dapat berekspresi" terangnya.

Terpisah salah satu murid di SLB Yakut yang berkesempatan membacakan puisinya pada gelaran tersebut, Rizky menuturkan, dirinya cukup senang setelah membacakan puisi.

Selain itu, dia berharap bisa terkenal setelah membaca puisi tersebut. Rizky dengan dibantu gurunya mengaku, dirinya hanya berlatih selama 1 hari, namun ia dalam pagelaranya tersebut, ia mampu membacakan puisi dengan sangat apik.

"Seneng, mudah-mudahan bisa terkenal nantinya" ucapnya sambil tertawa.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan sejumlah siswa SLB membagikan bunga kepada masyarakat sekitar. Kegiatan tersebut juga sebagai simbol untuk meminta doa kepada masyarakat atas keberadaan mereka. (ARI)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar