Salinmas, Ojek Online Sampah di Banyumas Raih Penghargaan Top 10 Inovasi Pelayanan Publik

KBRN, Purwokerto :  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas berhasil meraih penghargaan Top 10 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Provinsi Jawa Tengah melalui inovasinya yang bernama Salinmas (Sampah Online Banyumas).

“Inovasi pelayanan publik di bidang persampahan yaitu Salinmas. Ibaratnya ini seperti ojek online sampah,” terang Kepala DLH Banyumas Junaidi.

Dia menjelaskan melalui aplikasi tersebut masyarakat dapat login menggunakan NIK dan dihubungkan dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sampah yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Kemudian mereka dapat memesan layanan penjemputan sampah melalui aplikasi Salinmas.

Masyarakat Banyumas yang bersedia memilah sampah organiknya akan menerima apresiasi berupa uang senilai Rp 100 per kilogram.

“Setelah masyarakat mengumpulkan sampah organiknya nati KSM yang akan mengambil melalui aplikasi Salinmas. Walaupun nilainya tidak banyak tetapi jika tiap hari diakumulasi kan menjadi banyak,” imbuhnya.

Salinmas sendiri dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Saat ini sudah ada 10 ribu warga di Banyumas yang memanfaatkan layanan Salinmas. Menurut Junaidi pihaknya berkomitmen untuk terus mengembangkan Salinmas agar ke depan bisa lebih baik sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat Banyumas.

“Kami akan terus berupaya mengurangi timbunan sampah dengan aplikasi Salinmas. Aplikasi ini akan kami kembangkan agar tidak hanya sampah organik saja tapi juga anorganik. Salinmas ini sendiri akan terus kami update agar ke depan fungsinya bisa betul-betul seperti ojek online,” tandas Junaidi. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar