Fakultas Peternakan Unsoed Gelar Workshop Publikasi Internasional

KBRN, Purwokerto :  Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto menggelar Workshop Penulisan Ilmiah untuk Publikasi Internasional, Rabu (1/12/2021).

Publikasi internasional merupakan sarana untuk berkomunikasi antar masyarakat ilmiah dari berbagai negara.

“Jumlah publikasi internasional terus meningkat, sehingga diperlukan upaya-upaya strategis dan cerdas agar dapat menembus publikasi internasional,” ungkap Humas Dies Natalis ke-55 Fakultas Peternakan Unsoed Ir.Alief Einstein,M.Hum..

Pembicara dalam kegiatan tersebut yakni Peneliti Mamalia Pusat Riset Biologi LIPI Prof.Dr.Ir.Ibnu Maryanto,M.Si.,

Menurut Sekretaris Pelaksana Harwanto,S.Pt.,M.Sc. workshop tersebut dilaksanakan secara hybrid perpaduan antara Luring-Daring (Offline-online) karena masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan tetap melaksanakan protokol kesehatan pada semua aspek kegiatan.

Peserta workshop adalah Dosen Fakultas Peternakan Unsoed sejumlah 57 orang.

Ketua Pelaksana Ir.Nur Hidayat,M.Si., mengatakan kegiatan workshop bertujuan untuk meningkatkan jumlah penulisan ilmiah untuk publikasi internasional bagi peserta workshop.

Selanjutnya Dekan Fakultas Peternakan Unsoed Dr.Triana Setyawardani,S.Pt.,M.P. menjelaskan bahwa  publikasi ilmiah merupakan salah satu tugas tridharma perguruan tinggi untuk mempublikasi hasil penelitian.

Selain itu memotivasi dosen untuk mengemas hasil penelitian menjadi artikel ilmiah dan mempublikasikan secara internasional sehingga diakui dan sejajar dengan dunia internasional.

Lebih lanjut publikasi internasional juga digunakan untuk akselerasi guru besar di Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman, yang saat ini terdapat 9 Guru besar.

Acara workshop yang dipandu oleh moderator Dr.Yusmi Nur Wakhidati,M.Si. sangat interaktif. Dalam pemaparan alumni S3 Fac Earth Science and Enviromnental Sapporo Hokkaido University, Jepang Prof.Dr. Ibnu Maryanto,M.Si. yang juga alumni S1 Fakultas Peternakan Unsoed angkatan 1980 menyampaikan strategi meningkatkan publikasi internasional, dari mulai peran institusi, persiapan penulis, penyajian penulisan ilmiah hingga publikasi internasional. Juga strategi berkaitan dengan kolaborasi antar peneliti dan bahkan dengan negara lain.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar