Ini Jalur Trans Banyumas, Awal Desember dilaunching

KBRN, Purwokerto: Menjelang launching Bus by The Service (BTS) atau Trans Banyumas Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan  Budi Setiyadi memantau Terminal tipe A Bulupitu Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu (28/11/2021).

 BTS rencananya akan mulai dioperasikan pada 5 Desember 2021 mendatang.

Budi kepada wartawan menjelaskan, Purwokerto  mendapatkan BTS diantara 5 kota besar yang lain. 

"Purwokerto ini kota sedang, yang lain Makasar, Surabaya, Bandung, Medan. Tapi purwokerto pengajuannya 4 atau 5 koridor, yang jadi 3 koridor dulu, karena anggaran kita tidak maskimal," katanya.

Sebelumnya dia sempat mengajukan rute Purwokerto-Ajibarang, Kroya ( Kabupaten Cilacap) - Purwokerto, dimana pertimbangannya saat itu, karena di Kroya terdapat stasiun dari arah Bandung.

Kedepan koridor ini akan dikoneksikan dengan Trans Jateng yang saat ini telah beroperasi.

"Jadi nanti mungkin BTS ini dengan Trans Jateng yang sudah ada bisa menjad layanan utama, dan mungkin nanti BTS yang jadi feeder. Jadi hidup saling terintegrasi dan ini sudah disurvei di Purwokerto dari Kemeterian Perhubungan karena potensinya cukup bagus," katanya.

Budi juga menjelaskan kepemilikan mobil sebagian besar adalah UMKM.

Para pengusaha angkot  kemudian bersinergi membuat satu entitas untuk pengelola BTS. Berharap kedepannya, koridor yang dilayani oleh Trans Banyumas atau BTS ini tidak saling bersinggungan dengan angkutan yang telah lebih dahulu beroperasi.

Diakui, angkot ini sekarang  semakin turun, jadi para pengusaha angkot ini sebagian akan jadi pemilik dari BTS,  pengelolaannya koperasi.

Koridor I BTS melayani rute Pasar Pon-Terminal Ajibarang melewati rute Halte Pasar Pon-Jalan Jenderal Soedirman-Jalan Yos Sudarso-Jalan Raya Purwokerto Cilongok-Terminal Karanglo Cilongok-Jalan Raya Cilongok Ajibarang-Terminal Ajibarang dan sebaliknya.

Koridor II Terminal Notog Patikraja-Terminal Baturraden dengan rute Terminal Notog Patikraja-Jalan Raya Patikraja-Jalan Tanjung-Jalan Pahlawan-Jalan Mayjend Sutoyo-Jalan Jenderal Soedirman-Alun-Alun Purwokerto-Jalan Masjid-Jalan Gatot Soebroto-Jalan Overstate Isdiman-Jalan Prof DR HR Boenyamin-Jalan Raya Baturraden-Terminal Baturraden dan sebaliknya.

Koridor III terminal Bulupitu-Terminal Kebondalem dengan rute Terminal Bus Tipe A Bulupitu-Jalan Sultan Agung-Jalan Suwatio-Jalan Gerilya-Bundaran Berkoh-Jalan Gerilya-Jalan Veteran-Jalan Jenderal Soedirman-Jalan KS Tubun-Jalan Raya Beji Karangsalam-Universitas Wijayakusuma-Jalan Candrawijaya-Jalan Suparto-Jalan Moch Besar-Jalan Raya Baturaden-Jalan Sunan Ampel-Jalan Sunan Bonang-Jalan Raya Karangcegak-Jl Hasyim Asy'ari Kembaran-Universitas Muhammadiyah Purwokerto-Jalan KH Ahmad Dahlan-Jl. Raden Patah-Jalan Dr Gumbreg-Jalan Gerilya Timur-Jalan Jenderal Soedirman-Jalan Jenderal Soeprapto-Terminal Kebondalem dan sebaliknya.(spj)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar