Literasi Wadas Kelir di Purwokerto , Sarana Literasi Dongeng untuk Anak

KBRN , Banyumas  : Di Kabupaten Banyumas , kini memiliki Literasi Wadas Kelir ,  sebuah tempat  sebagai sarana agar anak anak  cinta akan dongeng ataupun cerita cerita  yang dapat dijadikan acuan untuk mau belajar.  Kepada RRI Jumat (26/11/2021),  Heru Kurniawan , akademisi dari UIN  Saizu Purwokerto , setiap hari di tempat  literasinya  didongengkan berbagai hal dari cerita rakyat , agama atau lainnya  yang dapat diikuti anak anak yang  berminat.

“biasanya , usai memberikan dongeng atau cerita kepada anak anak , saya selalu mengakhiri dengan berbagai pertanyaan berkaitan dongeng yang disampaikan, untuk mengetahui sejauh mana kepeminatan anak terhadap dongenng itu.”tuturnya

Lebih lanjut Heru menyebut, tradisi dongeng orang tua kepada anak sangat tradisional dna sederhana, bisa dari senin sampai jumat ,malam hari, langsung dilanjutkan dengan tanya jawab kepada anak , sebagai ruang komunikasi mersa orang tua dengan anak .

Sementara itu menrutu Dwi Kustantiningsih  dari Tim Pokja dua KPKK Kabupaten Banyumas , pihaknya ingin mengajak anak anak untuk cintak buku sedini mungkin .

“dongeng sebagai bagian literisasi dasar  anak, anak , maka sebaiknya diarahkan untuk mecintai buku sedini mungkin “ ujarnya .

Seperti  diketahui , adanya literasi wadaskelir untuk sarana mendongeng , diupayakan sejak adanya hari mendongeng  diperingati , yang jatuh tanggal 28 November . Kendati Hari Dongeng Nasional kurang tersosialisasi , sejumlah ahli parenting sepakat bahwa dongeng merupakan bagian penting dari pengasuhan anak. Sudah banyak bukti penelitian tentang dongeng yang sangat bermanfaat untuk perkembangan psikologis anak(IND )

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar