Antisipasi Banjir, Relawan Bersih Sungai Prukut

KBRN, Banyumas : Puluhan Relawan Penanganan Kebencanaan, dan Masyarakat Cilongok Jumat (26/11/2021) membersihkan Sungai Prulut yang melintas di Desa Panembangan Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. 

Pembersihan sampah tidak hanya berada di aliran Sungai Prukut, namun juga membersihkan rumput yang berada di sekitar Sungai. 

Kordinator Lapangan Bersih Sungai Prukut Eko Suprianto mengatakan pemebersihan sampah, bertujuan mengurangi potensi banjir di sungai. Sehingga aliran air, terutama saat hujan berjalan lancar. 

Sebab hujan dengan intensitas tinggi, terus terjadi di wilayah Cilongok dalam beberapa pekan terkahir. Selain itu, sejumlah peristiwa banjir yang menyebabkan banjir di Sungai Prukut  pernah terjadi. 

" Kita lakukan pembersihan sampah, selain air sungai tidak tercemar juga mengurangi potensi banjir. Karena hujan terus terjadi, selain itu debit air di Sungai Prukut sering naik" kata Eko. 

Setidaknya ada 75 orang yang terlibat, selain dari masyarakat Panembangan dan Cilongok. Hadir pula relawan kebencanaan. Diantaranya dari BPBD, Tagana, Rapi, Forkompicam Cilongok, MDMC, PP, Banser, Pramuka Peduli, Bagana, Kokam, FPRB dan Cilongok Undercover. ( RA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar