Banyumas Gelar Gowes Budaya Virtual Jelajah Kota Lama

KBRN, Purwokerto : Kegiatan Gowes Budaya Virtual Jelajah Kota Lama Banyumas telah usai digelar. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari serangkaian upaya yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk menjadikan Kota Lama Banyumas sebagai ‘Kota Pusaka”, dengan memperkenalkan Bike Tourism Jelajah Heritage Kota Lama Banyumas kepada komunitas pesepeda di Kabupaten Banyumas.

Dari kegiatan tersebut telah diputuskan tiga juara, antara lain Komunitas Sepeda Sehat Purwokerto sebagai Juara I, Komunitas Sepeda Sapitu Mioca Banyumas sebagai Juara II dan Komunitas Sepeda Gowesist Purwokerto sebagai Juara III.

Salah seorang anggota Komunitas Sepeda Sapitu Mioca Banyumas Fuad Zein Arifin mengaku bangga dengan hasil tersebut. Dia bersama empat orang anggota lainnya bersepeda ke berbagai lokasi di Kota Lama Banyumas.

“Start dan finish mulai dari Museum Wayang Banyumas. Kemudian ke Pendapa Kecamatan Banyumas, ke Makam Joko Kaiman, titik nol kilometer Banyumas dan Masjid Nur Sulaeman. Itu yang wajib, kami juga ke beberapa lokasi cagar budaya lain yang ada di Banyumas Kota Lama,” ujarnya.

Peserta Gowes Budaya Virtual Jelajah Kota Lama Banyumas diwajibkan untuk mengambil foto di lokasi-lokasi yang ditentukan oleh panitia. Menurut Fuad, pihaknya tidak hanya sekedar mengambil foto, namun menyesuaikan dengan tema cagar budaya yang dikunjungi.

“Seperti saat di makam kami berdoa, di masjid kebetulan saat waktu sholat dhuhur jadi selain foto di depan kami saat mengambil air wudhu juga foto. Jadi kami tidak hanya foto tapi menyesuaikan dengan tema,” jelasnya.

Gowes Budaya Virtual Jelajah Kota Lama Banyumas dilaksanakan dengan protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan jaga jarak. Selain itu peserta juga diwajibkan mengenakan kelengkapan berkendara dan menaati tata tertib lalulintas. Diharapkan kegiatan itu dapat ikut berperan dalam memperkenalkan Kota Lama Banyumas kepada khalayak yang lebih luas khususnya para pesepeda. (YN)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar